Sukses

Argentina Dipermalukan Nigeria

Tampil dengan materi hampir seluruhnya pemain muda, Argentina tak berkutik menghadapi Nigeria. Dalam laga persahabatan di Abuja, Elang Super menggulung Argentina dengan skor sangat meyakinkan 4-1 (3-0).

Liputan6.com, Abuja: Tampil dengan materi hampir seluruhnya pemain muda, Argentina tak berkutik mengadapi Nigeria. Dalam laga persahabatan di Abuja, Kamis (2/6) dini hari WIB, Elang Super menggulung Argentina dengan skor sangat meyakinkan 4-1 (3-0). Dua gol Nigeria disumbang Ikechukwu Uche.

Bertanding dengan hampir seluruhnya pemain lapis kedua, tanpa Lionel Messi, Argentina kesulitan mengimbangi Nigeria. Praktis hanya Pablo Zabaleta, ditunjuk pelatih Sergio Batista sebagai kapten, yang sering menghuni skuad utama. Sedangkan pelatih Nigeria Samson Siasia secara relatif menurunkan kekuatan terbaiknya.

Nigeria menghentak ketika membobol gawang Argentina saat babak pertama baru berjalan 10 menit. Ikechukwu Uche memberi Nigeria keunggulan 1-0 setelah menuntaskan kemelut di depan gawang Argentina lewat aksi individu Joel Obi. Argentina tidak mampu memberikan respon positif meski mulai lebih banyak mengambil inisiatif menyerang.

Nigeria pun menggandakan keunggulan pada menit ke-28 melalui eksekusi penalti Victor Obinna. Wasit memberikan penalti kontroversial setelah Victor Anichebe dijatuhkan Federico Fazio. Protes dari Zabaleta dan kawan-kawan tidak menggoyahkan wasit pada keputusannya menunjuk titik putih.

Enam menit sebelum babak pertama usai Nigeria kian menjauh. Berawal dari serangan baik, umpan silang yang begitu matang dari Taye Taiwo dengan mantap dituntaskan Ikechukwu Uche melalui sundulan di tiang jauh. Nigeria 3 sedangkan Argentina 0 menutup babak pertama.

Keadaan tidak berubah di babak kedua. Nigeria tetap tampil superior di depan suporter mereka sendiri. Pada menit ke-52, Emmanuel Emenike yang masuk sebagai pemain pengganti membuat Nigeria unggul 4-0. Emenike yang sudah berhadapan dengan Gamberini memperdayai kiper lawan dengan sepakan lob.

Beberapa pemain yang dimasukkan Batista tidak mampu mengangkat permainan Albiceleste, termasuk Alejandro Cabral dan Nicolas Bertolo yang bermain di klub Legia Warsawa dan Real Zaragoza. Serangan yang tidak terkoordinasi dengan baik membuat Argentina tak mampu memberikan ancaman berarti.

Barulah memasuki injury time Mauro Boselli berhasil mencuri satu gol yang itu pun datang dari eksekusi titik putih. Nigeria yang tengah bersiap untuk lolos ke putaran final Piala Afrika 2012 menutup pertandingan tersebut dengan kemenangan 4-1.(DIM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.