Sukses

Republik Irlandia Pecundangi Italia

Juara dunia 2006 Italia dipaksa mengakui keunggulan Republik Irlandia 0-2 (0-1) dalam laga persahabatan yang berlangsung di Liege, Belgia. Kekalahan kali kedua bagi Cesare Prandelli.

Liputan6.com, Liege: Republik Irlandia berhasil mempecundangi juara dunia 2006 Italia dengan skor cukup meyakinkan 2-0 (1-0) dalam pertandingan persahabatan internasional yang berlangsung di Stade Maurice Dufrasne, Liege, Belgia, Selasa (7/6) malam waktu setempat atau Rabu (8/6) dinihari WIB.

Kekalahan kedua bagi pelatih Gli Azzurri Cesare Prandelli yang menerima tongkat kepelatihan timnas dari Marcello Lippi usai putaran final Piala Dunia (PD) 2010 lalu. Kekalahan pertama bagi Prandelli terjadi dalam debutnya ketika Italia ditundukkan Pantai Gading 0-1 di Boleyn Ground, London, 10 Agustus 2010. Sebaliknya, kemenangan ini merupakan kali pertama yang ditoreh The Boys in Green dari Italia sejak PD 1994.

Hasil ini begitu menyesakkan bagi Prandelli. Pasalnya, meski menurunkan komposisi yang berbeda saat melibas Estonia 3-0 di laga kualifikasi Euro 2012 Grup C Jumat (3/6) lalu, Italia yang menurunkan duet Giampaolo Pazzini dan Giuseppe Rossi di lini depan mendominasi jalannya pertandingan.

Namun, kondisi lapangan yang basah membuat Gli Azzurri kesulitan menembus rapatnya pertahanan Irlandia yang digalang Sean St Ledger. Bahkan, di menit ke-36, Italia tertinggal 0-1 ketika dari tendangan bebas yang dilakukan Stephen Hunt, gelandang Blackburn Rovers Keith Andrews mampu menjebol gawang Emiliano Viviano.

Di babak kedua, Prandelli memainkan Alessandro Matri, Angelo Palombo, Sebastian Giovinco, dan Alberto Gilardino. Italia terus mengurung Irlandia. Tapi, sejumlah peluang yang tercipta gagal dikonversi jadi gol. Di tengah tekanan Gli Azzuri, skuad asuhan Giovanni Trapattoni justru memperbesar keunggulan menjadi 2-0 satu menit sebelum waktu normal berakhir. Adalah Hunt yang menyodorkan umpan kepada Simon Cox yang tanpa kesulitan menggetarkan gawang Viviano. Skor 2-0.(MEG)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini