Sukses

Valencia Buang Peluang

Valencia membuang peluang menempel Real Madrid dan Barcelona. Meski surplus pemain sejak menit ke-26, Los Che harus puas bermain imbang 2-2 (1-1) dengan tamunya Sporting Gijon.

Liputan6.com, Valencia: Valencia membuang peluang menempel Real Madrid dan Barcelona di puncak klasemen sementara La Liga. Dalam pertandingan terakhir di jornada ketiga yang berlangsung di Estadio Mestalla, Sabtu (20/9) malam waktu setempat atau Senin (21/9) dinihari WIB, Los Che, julukan Valencia, harus puas bermain imbang 2-2 (1-1) dengan tamunya, tim promosi, Sporting Gijon. Padahal, selama 65 menit, tim tamu harus bermain dengan 10 orang menyusul dikeluarkannya gelandang Michel yang menerima dua kartu kuning alias kartu merah dari wasit David Fernandez Borbalan.

Dengan hanya meraih satu poin, posisi Valencia turun ke peringkat lima besar dengan meraih tujuh angka hasil dari tiga partai, kalah selisih gol dengan Real Mallorca. Sebaliknya, hasil yang bisa dibilang gemilang bagi tim tamu membuat Gijon naik ke peringkat kesepuluh dengan jumlah empat poin, hasil dari sekali menang, sekali seri, dan sekali menuai kekalahan.

Di laga tersebut, publik Mestalla yang disesaki 50 ribu penonton dibuat terkejut ketika gawang Miguel Moya jebol di menit ketujuh. Memanfaatkan konsentrasi David Villa dkk yang tampil agresif menekan pertahanan tim tamu, Gijon melakukan serangan balik cepat. Bola diarahkan ke David Barral yang berhasil melewati kawalan Jeremy Mathieu. Tendangan kaki kanan Barral tak mampu diantisipasi Moya. 1-0 untuk Gijon.

Valencia tersentak. Villa dkk meningkatkan tempo permainan. Setelah sundulannya terlalu lemah dan mudah diantisipasi kiper Gijon, Juan Pablo Colinas, Villa menyamakan kedudukan menjadi 1-1 di menit ke-24. Gol ini bermula dari serangan yang dibangun di sektor sayap. Bola diteruskan ke tengah kotak penalti. Sepakan David Silva masih dapat diblok defender Gijon. Bola rebound dimanfaatkan dengan jitu oleh Villa.

Tuan rumah mendapat keuntungan ketika Michel diusir ke luar lapangan. Sejak itulah, Valencia mutlak mendominasi jalannya pertandingan. Di menit ke-36, tendangan keras Villa masih melenceng dari sasaran. Skor 1-1 bertahan sampai jeda.

Empat menit setelah babak kedua dimulai, tendangan kapten tim Carlos Marchena yang naik membantu serangan masih melebar dari gawang Gijon. Di menit ke-56, Juan Pablo melakukan penyelamatan gemilang dengan memblokade tendangan Villa yang memanfaatkan crossing akurat Silva. Dua menit kemudian, Valencia mendapat peluang emas. Bermula dari tendangan sudut, sundulan Mathieu bergulir tipis beberapa cm dari gawang Gijon.

Usaha keras Valencia mencetak gol tambahan akhirnya membuahkan hasil di menit ke-60. Dari tengah, Ever Banega melontarkan umpan panjang ke kotak penalti yang dapat dikontrol dengan sempurna oleh Bruno yang langsung menyodorkannya ke arah Villa. Setelah memenangi duel dengan bek Gijon, dengan membelakangi gawang lawan, dengan kaki kirinya Villa melancarkan tendangan terukur ke pojok kanan gawang Juan Pablo. 2-1 untuk Valencia.

Di menit ke-70, Silva membuang peluang emas. Mendapat sodoran dari Bruno yang aktif bergerak di sektor sayap kiri pertahanan Gijon, tendangan Silva hanya tipis melebar dari gawang Juan Pablo. Di lain pihak, meski defisit pemain, Gijon sesekali berusaha mencuri kesempatan. Dua kali striker pengganti Bilic harus membuat Miguel Moya melakukan penyelamatan.

Empat menit jelang waktu normal berakhir, Valencia harus membayar mahal kegagalannya menyelesaikan sejumlah peluang di depan gawang Gijon. Bermula dari tendangan bebas di sektor kiri pertahanan Valencia, tendangan bebas Alberto Rivera gagal diantisipasi dengan baik oleh Moya. Tepisannya justru membentur pemain Gijon dan berbalik arah ke gawang sendiri. Bek Arnolin Gregory yang naik ikut membantu serangan berhasil memanfaatkan situasi tersebut. Dalam posisi yang bebas, sundulan Gregory menjebol gawang Valencia yang telah kosong. Skor berubah menjadi 2-2. Di sisa waktu pertandingan, Villa dkk berusaha sekuat tenaga mencetak gol ketiga. Namun, apa daya, upaya itu sia-sia. Gawang Juan Pablo tetap aman sampai peluit akhir berbunyi.(MEG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.