Sukses

Bimbangnya Guardiola

Luar biasa. Rapor Josep Guardiola di musim pertamanya menangani Barcelona. Menarik menanti apa yang akan dilakukan Guardiola di akhir musim, tetap di Nou Camp atau mengambil cuti panjang.

Liputan6.com, Barcelona: Luar biasa. Angkat dua jempol bagi pencapaian yang ditoreh Josep “Pep” Guardiola di musim pertamanya menangani tim senior Barcelona. Di musim lalu, 2008-2009, mantan coach tim yunior (Tim B) Los Blaugrana berusia 38 tahun itu mampu mengantarkan lima trofi sekaligus dalam semusim, yaitu La Liga, Copa del Rey, Piala Super Spanyol, Liga Champions, dan Piala Super UEFA. Ditambah, titel Piala Dunia Antarklub FIFA 2009, lengkaplah setengah lusin gelar yang dipersembahkan mantan gelandang Barcelona di musim 1990-2001 itu.

Yang menarik, sampai saat ini Guardiola belum mau membubuhkan tanda tangannya dalam perpanjangan kontrak yang disodorkan pihak manajemen klub, dalam hal ini Presiden Barca, Joan Laporta. Sesuai dengan kesepakatan Mei 2008, Guardiola meneken kontrak selama dua musim atau akan kedaluwarsa di pengujung musim ini.

Tak ditampik jika Laporta dan publik Nou Camp tak ingin kehilangan sosok Guardiola yang mampu mematahkan rekor Terry Venables 25 tahun lalu—mampu membawa Barca tampil tak terkalahkan dalam 15 laga La Liga di musim 1984-1984—ketika Zlatan Ibrahimovic dkk bermain imbang 1-1 dengan Villarreal, Sabtu (2/1).

Namun, seperti yang dilansir The Independent, menurut ayahnya, Valenti Guardiola, belum dapat kepastian apakah Pep masih mau menangani Los Blaugrana di musim depan. Valenti pun mengisyaratkan jika anaknya menimbang serius opsi cuti panjang dari dunia sepakbola.

“Saya tidak tahu apakah ia (Pep) mau tetap tinggal di Barcelona di akhir musim ini ataukah ia akan beristirahat dari dunia sepakbola dan mengambil cuti sejenak waktu. Sebab, sejauh ini sayalah orang terakhir yang tahu apa yang terjadi dengannya,” tegas Valenti.(MEG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.