Sukses

Barcelona Campeon La Liga

Barcelona merengkuh gelar juara La Liga ke-21 kalinya. Raihan satu poin setelah ditahan imbang Levante 1-1 (1-1) sudah cukup bagi Barca berpesta tanpa bisa dikejar Real Madrid meski masih tersisa dua pertandingan.

Liputan6.com, Valencia: Barcelona merengkuh gelar juara La Liga ke-21 kalinya. Raihan satu poin setelah ditahan imbang Levante 1-1 (1-1), Kamis (12/5) dini hari WIB, sudah cukup bagi Barca berpesta tanpa bisa dikejar Real Madrid meski masih tersisa dua pertandingan.

Barca yang hanya membutuhkan satu poin untuk menjadi campeone La Liga tiga musim berturut-turut berhasil memimpin lebih dulu lewat sundulan Seydou Keita. Tetapi keunggulan itu bisa diseimbangkan striker Levante Felipe Caicedo menjelang babak pertama usai.

Pelatih Barca Pep Guardiola tak mau mengambil risiko. Kekuatan penuh praktis diturunkan. Hanya saja Guardiola mengistirahatkan Carles Puyol, Andres Iniesta dan Pedro Rodriguez. Tapi, dua pemain yang disebut terakhir ada di bangku cadangan.

Barca yang tampak unggul kelas sehingga menguasai jalannya permainan. Tetapi Levante yang menerapkan formasi 4-5-1 bermain disiplin menjaga daearah pertahanan. Barca baru bisa menjebol gawang tuan rumah pada menit ke-28. Gol tersebut Keita yang meneruskan umpan diagonal Xavi Hernandez dengan sundulan.

Pendukung Barca yang hadir di Estadi Ciutat de Valencia bersorak gembira menyambut gol gelandang asal Mali tersebut. Akan tetapi keunggulan itu tak mampu dipertahankan Barca. Empat menit jelang babak pertama berakhir, Levante yang belum aman dari ancaman degradasi berhasil menyamakan kedudukan.

Kesalahan bek Gerard Pique dan kiper Victor Valdes menjadi pemicunya. Bola yang seharusnya bisa dengan mudah dibuang gagal dilakukan Pique dan Valdes yang juga menggambarkan hilangnya konsentrasi di lini pertahanan Azulgrana. Caicedo pun tidak menyia-nyiakan untuk menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Barca tetap mendominasi jalannya permainan di babak kedua. Tak ada perubahan permainan bertahan statis dari Levante. Xavi dan kawan-kawan pun tampak sudah puas dengan raihan satu poin. Satu peluang terbaik dimiliki Messi pada menit ke-58.

Aksi impresif Messi yang melewati empat pemain bertahan lawan sayangnya belum juga berhasil menjebol gawang Levante. Sepakan pemegang gelar Pemain Terbaik Dunia itu hanya menerpa tiang. Gagal bagi Messi mendekati Cristiano Ronaldo di puncak el pichichi dengan selisih lima gol.

Barca dengan hasil ini mengumpulkan 92 poin atau enam poin di atas Real Madrid. Barca memastikan juara berkat keunggulan rekor pertemuan alias head to head. Kini, Guardiola bisa lebih berkonsentrasi mempersiapkan pasukannya untuk final Liga Champions melawan Manchester United di Wembley Stadium, Sabtu, 28 Mei 2011.(DIM)

Susunan pemain:
Levante: Munua; Victoriano, Ballesteros, Juanfran, Venta, Xavi Torres, De la Fuente (kk), Pallardo (Gorka Larrea 81), Xisco Nadal, Valdo, Caicedo (Stuani 75).
Barcelona: Valdes; Pique (kk), Mascherano, Abidal (Fontas 62), Dani Alves, Busquets, Keita, Xavi, Villa (Pedro 86), Messi, Afellay.
Wasit: Jose Luis Paradas Romero.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini