Sukses

Pantau Bale, Barca Siapkan Tawaran Wah

Bukan tahun ini, tapi untuk musim panas 2012. Barcelona ingin memonitor lebih dahulu konsistensi Gareth Bale untuk setahun ke depan sebelum mengajukan tawaran wah.

Liputan6.com, Barcelona: Barcelona menyusun rencana ambisius. Pemangku gelar juara La Liga dan Liga Champions itu menyiapkan 50 juta euro (Rp 610 miliar) demi merekrut bintang Tottenham Hotspur Gareth Bale. Akan tetapi bukan sekarang. Barca menyusun rencana itu untuk musim panas 2012. Jika benar terjadi Bale akan dinobatkan sebagai pemain Inggris Raya termahal.

Barca sejatinya telah memulai rencana ini. Langkah pertama mengajukan proposal keingintahuan mereka tentang status Bale, pemain yang musim lalu menyita perhatian dari kebanyakan klub elite di Eropa. Barca pede mereka bisa bersaing memenangkan hati Bale yang juga diminati Inter Milan dan Real Madrid.

Spurs mempersiapkan diri dengan matang guna mempertahankan Bale yang genap berumur 22 tahun pekan depan di bursa transfer musim panas ini. Akan tetapi, Spurs akan menghadapi kesulitan menjaga aset berharga mereka jika pemain internasional Wales itu mampu menjaga konsistensinya dalam beberapa bulan ke depan.

Konsistensi itulah yang terus dipantau Barca. Apalagi, penampilan Bale tidak bagus-bagus amat di paruh kedua musim lalu terutama setelah dilanda cedera punggung dan engkel. Spurs kian sulit menjaganya jika mereka musim depan kembali gagal meraih satu tiket ke Liga Champions.

Terdapat peminat lain selain Barca dan itu datang dari seteru-seteru Spurs di Liga Premier walaupun mereka punya prioritas lain di bursa transfer musim ini. Chelsea dan Manchester City tidak terlalu tertarik. Manchester United tertarik tetapi tidak serius, sedangkan Liverpool dan Arsenal bakal menemui kesulitan menyanggupi bandrol tinggi yang dipatok Spurs.

Orang dalam Spurs menyatakan, peminat terbesar Bale datang dari klub-klub Eropa daratan. “Akan tetapi, Bale belum siap keluar negeri. Dia betah bersama Spurs dan ingin bermain semusim lagi di White Hart Lane,” kata dia.

Spurs dihadapkan pada tugas mempertahankan Luka Modric yangd sangat diminati Chelsea. Modric menjadi kunci karena Bale akan ikut-ikutan minta dilego jika gelandang asal Kroasia itu gagal dipertahankan. Spurs yakin Bale pantas dihargai 50 juta euro. Apalagi kontrak teranyarnya berdurasi panjang, berakhir pada 2015.

Barca punya rencana menduetkan Bale di sisi kiri dengan Daniel Alves yang sudah mengisi posisi utama di sektor kanan pertahanan. Bale yang memiliki determinasi tinggi dalam membantu serangan akan menjadi tandem ideal buat Alves dalam menyokong sektor sayap. Patut diingat Bale pada awalnya merupakan full-back. Tahun lalu saja Harry Redknapp, bos Spurs, memanfaatkan tingginya naluri menyerang Bale untuk dimainkan sebagai winger murni.

Pelatih Azulgrana Pep Guardiola tahu betul sokongan serang dari dua full-back mereka selama ini timpang. Eric Abidal bukanlah sosok bek sayap modern. Maxwell performanya tidak kunjung konsisten. Itu pulalah mengapa mereka musim panas tahun lalu membeli Adriano Correia dari Sevilla, namun tidak juga menjanjikan.(DIM/Goal)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini