Sukses

Prinsipnya, Tukar Guling Ibra-Eto'o Disepakati

Musim panas 2009 kembali bakal menelurkan transfer besar. Barcelona dan Inter Milan secara prinsip mencapai kesepakatan untuk menukar striker andal masing-masing. Zlatan Ibrahimovic ke Barca, sedangkan Samuel Eto'o ke Inter.

Liputan6.com, Barcelona: Satu lagi transfer besar bakal mewarnai bursa transfer musim panas tahun ini. Barcelona dan Inter Milan pemerannya. Kedua klub elite di negaranya masing-masing secara prinsip menyetujui tukar guling striker handalnya. Zlatan Ibrahimovic ke Barca, sedangkan Inter mendapatkan Samuel Eto’o plus dana segar.

Kabar menyebutkan bahwa Barca merelakan Eto’o plus uang tunai 35 juta pound (Rp 577,5 miliar) demi memboyong penyerang internasional Swedia yang memiliki nama populer Ibra itu ke Nou Camp. Masih ada tambahan lain, yakni Barca meminjamkan Alexander Hleb kepada sang juara Serie A empat kali berturut-turut tersebut.

“Kami (Barca) sepakat dengan Inter. Akan tetapi belum tuntas karena pertukaran masih tergantung dari Ibrahimovic, pada Eto’o dan semua pihak yang terlibat,” ujar Presiden Barca, Joan Laporta. Laporta juga masih berharap bisa memboyong striker Valencia, David Villa. “Opsi mengenai David Villa belum terkubur. Kami tidak menghapus segala kemungkinan.”

Konfirmasi negosiasi juga datang dari Massimo Moratti, Presiden Inter. “Mereka (Barca) tertarik untuk mengetahui tentang Ibrahimovic dan juga berbicara mengenai Eto’o—soal tukar guling. Dua striker tersebut berada di level yang sama,” tutur Moratti seperti dikutip Soccernet. “Terdapat kemungkinan munculnya kesepakatan terkait dua striker ini.”

“Utamanya kami ingin mengetahui keinginan dari si pemain. Untuk saat ini saya tidak tahu. Dalam kasus ini, jika jalannya sukses maka Eto’o masuk dalam kesepakatan tersebut,” kata sang owner Inter itu menambahkan.

Inter dan Barca punya hubungan erat musim panas ini. Mereka pekan lalu menelurkan deal Maxwell yang mencoba peruntungan di Spanyol dengan fee 3,9 juta pound. Jika sampai swap Ibrahimovic dan Eto’o terjadi maka deal ini menambah semaraknya bursa transfer musim panas 2010 yang sebelumnya memecahkan rekor transfer termahal dunia ketika Manchester United melepas Cristiano Ronaldo ke Real Madrid.

Eto’o hampir menjadi milik Manchester City, sebelum akhirnya The Citizens mengundurkan diri dari negosiasi pada 10 Juli lalu. Striker internasional Kamerun ini merupakan striker tajam di Barca namun sudah masuk daftar jual sejak musim panas tahun lalu. Pun demikian kontraknya berakhir musim panas 2010.

Sejak bergabung dengan Inter dari Juventus pada 2006, Ibrahimovic menjelma jadi striker kesohor di Eropa. Ia musim lalu meraih gelar capocannonieri dan diminati Real Madrid, Manchester United, Chelsea, selain juara Liga Champions, Barca.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini