Sukses

Juve Kembali ke Zona Champions

Dengan susah payah Juventus mengatasi perlawanan Bologna 2-1 (1-0). Kemenangan yang membuat Bianconeri kembali menempati peringkat empat besar alias Zona Champions.

Liputan6.com, Bologna: Lewat pertarungan yang melelahkan Juventus berhasil memetik kemenangan berharga dalam lanjutan kompetisi Serie A Italia di pekan ke-25 yang berlangsung di Renato Della’Ara Stadium, kandangnya Bologna, Minggu (21/2). Bianconeri unggul 2-1 (1-0). Kemenangan yang sekaligus mengembalikan La Vecchia Signora ke habitatnya semula, zona Champions, menempati peringkat keempat klasemen dengan jumlah perolehan 41 poin atau unggul satu angka dari tiga tim rival terdekat: Napoli, Palermo, dan Sampdoria.

Juve unggul cepat 1-0 lewat gol Diego Ribas da Cunha yang berhasil memanfaatkan bola rebound hasil tepisan kiper Rossoblu, Emiliano Viviano dari tendangan Amauri Carvalho. Juve nyaris menggandakan keunggulan di menit ke-22 ketika tendangan Claudio Marchisio dari luar kotak penalti diblok kiper Viviano. Lagi, Diego berhasil menyambar bola rebound. Sayang, sepakannya hanya membentur tiang gawang.

Di awal babak kedua, tuan rumah bangkit mengejar ketertinggalan. Kurang dari lima menit, gawang Buffon akhirnya jebol juga oleh ulah Antonio Busce memanfaatkan umpan silang yang disodorkan bek pinjaman dari Palermo, Andrea Raggi yang melakukan akselerasi di sektor sayap kanan pertahanan Juve. Skor 1-1.

Keputusan Alberto Zaccheroni menurunkan gelandang muda pinjaman dari Udinese, Antonio Candreva terbukti jitu. Kurang dari enam menit setelah turun ke lapangan, memanfaatkan sodoran akurat kapten Alessandro Del Piero, Candreva mengecoh kiper Viviano dan membuat Juve unggul 2-1. Di sisa waktu, tuan rumah gencar menggempur pertahanan Juve. Alih-alih mencetak gol balasan, Bologna justru kehilangan Raggi yang mendapat kartu merah langsung akibat tindakan kasarnya terhadap gelandang Felipe Melo. Sampai peluit akhir, skor 2-1 untuk Juve tetap bertahan.

Sementara itu dalam partai lainnya yang dilangsungkan di Stadio Azzurri D’Italia, langkah tuan rumah Atalanta untuk melepaskan diri dari jerat degradasi masih terhambat. Gol Sergio Pellissier satu menit sebelum turun minum tiba sudah cukup bagi tim tamu, Chievo Verona memetik kemenangan 1-0 langsung. Defisit pemain yang dialami Chievo menyusul dikeluarkannya Luca Rigoni tak mampu dimanfaatkan La Dea sampai akhir pertandingan.

Nasib Atalanta kontras dengan Cagliari. Bermain di depan publiknya sendiri, Cagliari sukses memukul Parma 2-0 langsung berkat gol Andrea Lazzari di menit keenam dan Alessandro Matri di menit ke-39. Kemenangan yang kian mendekatkan Cagliari yang menempati peringkat kedelapan dengan zona Eropa. Sebaliknya, kekalahan ini membuat posisi Parma turun ke peringkat ke-13.

Di Renzo Barbera, tuan rumah Palermo bangkit dari hasil pilu di pekan lalu saat dibantai AS Roma dengan memukul tamunya Lazio 3-1 (2-0). Tiga gol kemenangan Rosanero dicetak Abel Hernandez di menit pertama, Fabrizio Miccoli lewat eksekusi penalti di menit ke-28, dan tendangan Antonio Nocerino di menit ke-75. Gol balasan Biancocelesti dicetak Aleksandar Kolarov di menit ke-78. Kemenangan ini membawa kembali Palermo ke Zona Eropa, menempel ketat Napoli yang pada saat yang bersamaan hanya mampu bermain imbang tanpa gol dengan Siena.(MEG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini