Sukses

Cassano Selamatkan Milan

Dijauhi dewi fortuna dan tampil dengan 10 pemain dalam 20 menit terakhir, AC Milan terhindar dari kekalahan saat menjamu juru kunci Bari. Gol Antonio Cassano memaksa laga berakhir imbang 1-1.

Liputan6.com, Milan: AC Milan nyaris menelan kekalahan yang sangat memalukan saat menjamu tim juru kunci Bari dalam lanjutan kompetisi Serie A di giornata 29 yang berlangsung di San Siro Stadium, Minggu (13/3) siang waktu setempat. Dijauhi dewi fortuna dan tampil dengan 10 pemain dalam 20 menit terakhir, Rossoneri yang tertinggal 0-1 di babak pertama akhirnya berhasil memaksakan hasil imbang 1-1 berkat gol balasan Antonio Cassano delapan menit sebelum waktu normal berakhir.

Sejak awal, Milan yang sadar kemenangan bakal menjauhkan mereka dari kejaran Inter Milan yang tersandung di Brescia, mendominasi jalannya pertandingan. Namun, adalah Bari yang mula-mula mengkreasi peluang ketika sundulan Sergio Almiro di menit ke-11 masih dapat diantisipasi Christian Abbiati. Peluang pertama Milan tercipta di menit ke-27 ketika tendangan bebas Zlatan Ibrahimovic dengan gemilang diblok kiper Jean-Francois Gillet.

Di tengah asyik menyerang, Rossoneri kaget ketika gawang Abbiati jebol di menit ke-39. Gol ini lahir dari set-piece. Bermula dari free-kick Almiron. Bola disodorkan kepada Gergely Rudolf yang lolos dari kawalan Mark van Bommel. Sepakan Rudolf ke tiang jauh gagal diantisipasi Abbiati. 1-0 untuk Bari. Upaya Milan lewat Ibra dan Pato gagal membuahkan hasil sampai turun minum tiba.

Tertinggal membuat pelatih Massimiliano Allegri memainkan Urby Emanuelson menggantikan Alexander Merkel. Hanya 30 detik berselang dari kick-off babak kedua, gawang Gillet jebol oleh aksi Robinho. Sayang, gol tersebut dianulir karena sebelumnya Robinho berdiri dalam posisi off-side saat menerima umpan dari sundulan Ibra.

Tak kunjung membuahkan hasil, di menit ke-56 Allegri memainkan Cassano dan menarik keluar Robinho. Tiga menit berlalu, gol cantik Ibra dianulir karena sebelumnya hand-ball. Milan mulai frustasi. Menyiasati solidnya pertahanan Bari, pemain Milan mulai melancarkan tendangan dari luar kotak penalti. Di menit ke-61, tendangan spekulasi Ignazio Abate secara luar biasa ditip Gillet.

Dua peluang Ibra di menit ke-65 dan menit ke-72 gagal dikonversi jadi gol. Tak lama kemudian, Ibra yang sebelumnya mendapat kartu kuning terpaksa harus meninggalkan lapangan menyusul kartu merah yang diterimanya usai melakukan pelanggaran terhadap defender Marco Rossi.

Meskipun bermain dengan 10 pemain, Milan tetap mengurung pertahanan tim tamu. Upaya yang baru membuahkan hasil di menit ke-82. Adalah umpan Emanuelson yang diterima Luca Antonini yang melakukan aksleerasi di sektor sayap kanan pertahanan Bari. Umpan lambungnya diteruskan Cassano lewat tendangan volley yang menghujam gawang Bari. Skor 1-1.

Di sisa waktu Milan terus memborbardir pertahanan lawan demi mencari tambahan tiga angka. Di menit ke-87, tembakan keras Thiago Silva yang naik membantu serangan dapat ditip Gillet. Beberapa detik kemudian, umpan Pato terlambat disongsong Cassano. Di menit terakhir, giliran sepakan Abate yang gagal mengelabui Gillet. Skor 1-1 bertahan sampai peluit akhir.

Meski hanya mampu menuai satu poin, Milan tetap menduduki puncak klasemen dengan jumlah 62 angka atau unggul lima poin dari Nerazzurri. Sebaliknya, Bari tetap terdampar di posisi paling bawah dengan jumlah 17 angka.(MEG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini