Sukses

Milan Scudetto

AC Milan memastikan diri menjuarai Serie A 2010-2011 usai bermain imbang 0-0 di Stadio Olimpico, kandang AS Roma. Inilah gelar scudetto untuk ke-18 kalinya bagi Milan.

Liputan6.com, Roma: AC Milan memastikan diri menjuarai Serie A 2010-2011 usai bermain imbang 0-0 di Stadio Olimpico, kandang AS Roma, Sabtu (7/5) malam waktu setempat atau Minggu dini hari WIB. Inilah gelar scudetto untuk ke-18 kalinya bagi Milan.

Meski masih menyisakan dua pertandingan, Milan yang mengumpulkan 78 poin sudah tidak mungkin terkejar oleh Inter Milan di posisi kedua. Kalaupun memborong poin maksimal di tiga laga terakhirnya, Inter hanya mampu mengumpulkan 78 poin, namun kalah dalam rekor pertemuan langsung alias head to head.

Milan yang hanya membutuhkan satu poin untuk merengkuh scudetto pertamanya dalam tujuh tahun mengontrol dengan nyaman jalannya permainan. Mereka menjaga betul ritme pertandingan dan tidak ngoyo memburu kemenangan. Clarence Seedorf, Gennaro Gattuso, dan Mark van Bommel begitu dominan di lini tengah.

Roma yang membutuhkan tiga poin guna mendapatkan satu tempat di zona empat besar justru memiliki peluang di babak pertama untuk menciptakan gol. Mirko Vucinic dan Fabio Simplicio tercatat mengancam gawang yang dijaga Christian Abbiati. Kiper Milan ini harus berusaha maksimal untuk mengamankan gawangnya dari kebobolan.

Milan meningkatkan intensitas serangan di paruh kedua. Beberapa detik permainan dimulai kembali, aksi Robinho dengan tendangan melengkungnya hanya mengenai tiang gawang ketika Alexandre Doni sudah mati langkah. Satu jam berjalan giliran Kevin-Prince Boateng yang apes saat sontekannya terlalu melebar setelah lolos dari jebakan offside.

Kebuntuan terus berlanjut meski kedua pelatih melakukan perubahan. Masuknya Marco Borriello yang notabene mantan penyerang Milan tidak mampu menghidupkan serangan Giallorossi. Sedangkan msuknya Alexandre Pato yang comeback dari cedera paha juga tidak bisa membuahkan hasil konkret di papan skor.

Keberhasilan Milan kembali merengkuh scudetto sekaligus mengakhiri puasa mereka sejak 2004. Milan kini tinggal berkonsentrasi di mengawinkan gelarnya dengan Coppa Italia yang sudah mencapai babak semifinal—bermain seri 2-2 melawan Palermo di leg pertama.

Susunan pemain:
Roma: Doni; Cassetti, Burdisso, Juan, Riise; Pizarro, Brighi (Rosi 17) (Caprari 82); Taddei (kk), Simplicio, Vucinic (Borriello 54); Totti.
Milan: Abbiati; Abate, Nesta, Thiago Silva, Zambrotta; Gattuso (Ambrosini 46), Van Bommel (kk), Seedorf; Boateng (kk); Robinho (Pato 73 (kk)), Ibrahimovic.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini