Sukses

Drama Menyesakkan buat Juve

Unggul dua gol, Juventus yang bermain di kandang sendiri harus rela berbagi poin dengan Chievo Verona. Dua gol yang tercipta dalam dua menit membuat Bianconeri harus gigit jari menerima skor akhir 2-2 (1-0).

Liputan6.com, Turin: Juventus harus gigit jari. Unggul dua gol, Bianconeri harus rela berbagi poin dengan Chievo Verona yang mampu memaksakan hasil imbang 2-2 pada partai lanjutan Serie A di Stadio Olimpico Grande, Turin, Senin (9/5) malam waktu setempat atau Selasa dini hari WIB.

Juve seakan terbuai oleh keunggulan berkat gol dari Alessandro Del Piero dan Alessandro Matri. Tetapi Chievo yang membutuhkan poin untuk mengamankan dari zona degradasi mampu mengejar ketinggalan lewat dua gol yang tercipta hanya berjarak semenit dari Fernando Uribe dan Gennaro Sardo.

Juve memimpin 1-0 lewat eksekusi penalti Del Piero pada menit ke-13. Wasit menunjuk titik putih menyusul dijatuhkannya Simone Pepe di dalam kotak terlarang. Wasit tetap pada keputusannya walau pelanggaran tersebut cukup menuai kontroversi. Hasil 1-0 ini bertahan di paruh pertama.

Babak kedua berjalan lebih menegangkan. Jual beli serangan tersaji setelah kedua kesebelasan bermain terbuka. Juve pun menatap peluang mengantongi poin penuh setelah Alessandro Matri menambah keunggulan menjadi 2-0 lewat penyelesaian yang dingin usai menerima assist dari Del Piero.

Tapi lemahnya konsentrasi barisan pertahanan tim besutan Luigi Delneri harus dibayar mahal. Dua kali gawang mereka dijebol The Flyin Donkeys. Fernando Uribe yang masuk sebagai pemain pengganti memperkecil kedudukan dengan menuntaskan bola rebound yang menerpa tiang pada menit ke-68.

Selang semenit, juga dari bola muntah yang mengenai tiang, Gennaro Sardo menyamakan kedudukan menjadi 2-2 dalam serangan yang digawangi Sergio Pellissier. Juve pun tercengang. Dan ketegangan memuncak di ujung waktu.
Dua kali serangan Juve dikandaskan tiang gawang. Pertama, flick dada Giorgio Chiellini yang diawali sepak pojok pada menit ke-82. Selanjutnya sundulan Luca Toni usai menerima umpan silang dari Matri pada menit ke-84. Di sela-sela peluang tersebut, Chievo juga memiliki peluang emas. Sayang Uribe gagal memanfaatkannya di saat Gianluigi Buffon sudah keluar meninggalkan gawang.

Tambahan satu poin tidak berarti banyak bagi Juve yang sedang berjuang mendapatkan satu tiket berlaga di Liga Champions musim depan. Juve yang mengumpulkan 57 poin berada di urutan tujuh. Mereka tertinggal lima poin dari Udinese di posisi empat dengan dua pertandingan tersisa.(DIM)

Susunan pemain:
Juventus: Buffon; Motta, Barzagli, Chiellini, Grosso; Krasic (kk) (Toni 80), Marchisio (kk), Aquilani (kk), Pepe; Matri, Del Piero.
Chievo: Sorrentino; Sardo, Cesar, Andreolli (kk), Mantovani; Gelson Fernandes, Rigoni (kk), Constant (Uribe 64), Jokic (Mandelli 78); Pellissier, Thereau (Bogliacino 40).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.