Sukses

Inter Melaju ke Final

Inter Milan melaju ke final Coppa Italia setelah bermain imbang 1-1 (0-0) dengan AS Roma di Stadio Giuseppe Meazza. Inter berhak tampil di partai puncak bertemu Palermo berkat keunggulan agregat 2-1.

Liputan6.com, Milan: Inter Milan melaju ke final Coppa Italia setelah bermain imbang 1-1 (0-0) dengan AS Roma dalam leg kedua babak semifinal di Stadio Giuseppe Meazza, Rabu (11/5) malam waktu setempat atau Kamis dini hari WIB. Inter berhak tampil di partai puncak bertemu Palermo berkat keunggulan agregat 2-1.

Inter yang mengantongi kemenangan 1-0 di Roma tidak diperkuat Wesley Sneijder dan Dejan Stankovic yang mengalami cedera serta Andrea Ranocchia yang menjalani suspensi. Suspensi membuat Francesco Totti dan Rodrigo Taddei absen di kubu Roma. Kekuatan Roma juga minus Matteo Brighi dan Philippe Mexes yang belum sembuh dari cedera.

Pertandingan itu terasa spesial bagi Javier Zanetti yang melakoni partai ke-1.000 sebagai pemain profesional. Trofi khusus pun diberikan kepada kapten Nerazzurri tersebut sebelum pertandingan dimulai.

Pembukaan dua menit gawang Roma sudah diancam Douglas Maicon yang tendangannya menerpa jala samping. Roma ganti mengancam melalui serbuan Marco Borriello dan Daniele De Rossi yang tembakannya melenceng tak jauh dar sasaran. Inter mengambil inisiatif serangan tapi tidak mampu menciptakan peluang serius hingga babak pertama berakhir.

Pelatih Roma Vincenzo Montella melakukan perubahan dengan memasukkan Leandro Greco di babak kedua. Pun Mirko Vucinic dimainkan sesudahnya. Tapi Inter yang mampu memecah kebuntuan di menit ke-58. Tendangan Samuel Eto’o mengarah ke pojok bawah sehingga tidak mampu dibendung kiper Alexandre Doni. Inter memimpin 1-0 sehingga Roma membutuhkan dua gol.

Tiga menit kemudian Doni melakukan penyelamatan penting saat menghalau tembakan Giampaolo Pazzini. Giallorossi membuka kembali peluang ketika Borriello berhasil menjebol gawang Julio Cesar pada menit ke-76. Menerima umpan terobosan Vucinic, tendangan Borriello bergulir melewati garis gawang setelah menerpa tiang gawang. Skor imbang 1-1.

Roma tidak beruntung karena dua kali peluang mereka menerpa tiang gawang. Lalu keberuntungan Lucio yang menghalau sundulan Borriello di muka gawang. Sedangkan tekel Juan teerhadap Diego Milito di dalam kotak keramat tidak dihadiahi penalti meski protes datang dari kubu Inter.

Dengan demikian Inter untuk keenam kalinya dalam tujuh tahun terakhir berhasil tampil di final Coppa Italia. Tim besutan Leonardo ini akan berhadapan dengan Palermo yang di partai semifinal sebelumnya menyingkirkan peraih scudetto musim ini, AC Milan, pada 29 Mei di Stadio Olimpico, Roma.(DIM)

Susunan pemain:
Inter: Julio Cesar; Maicon (kk), Lucio, Chivu (kk), Nagatomo; Cambiasso, Mariga, Zanetti; Kharja (Thiago Motta 75), Eto'o; Pazzini (Milito 67).
Roma: Doni; Cassetti, N. Burdisso (kk), Juan, Riise; Pizarro (Greco 46), De Rossi; Perrotta (kk), Simplicio (Vucinic 56), Menez (Caprari 74); Borriello.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.