Sukses

Persipura Permalukan Persija

Persipura Jayapura mempertajam rekor pertemuan mereka saat melawan Persija Jakarta. Dalam lanjutan ISL yang digelar di GBK, Selasa (16/3), Mutiara Hitam unggul 2-0 langsung.

Liputan6.com, Jakarta: Persipura Jayapura mempertajam rekornya dengan mengalahkan Persija Jakarta 0-2 di Stadion Gelora Bung Karno, dalam lanjutan pekan ke-24 Indonesia Super League, Selasa (16/3) sore WIB. Dari 12 kali bertemu sejak tahun 2003, Macan Kemayoran hanya membukukan satu kemenangan, empat kali imbang, dan tujuh kali kalah. Dua gol yang dibukukan Alberto Goncalves dan Boaz Salosa membuat Macan Kemayoran total tumbang delapan kali.

Sejak awal pelatih Persipura Jacksen Tiago menginstruksikan pemainnya untuk tidak bermain terbuka dan sesekali menerapkan serangan balik. Taktik ini terbukti jitu meredam kreativitas Persija. Pada menit ke-15 Alberto Goncalves membuka kemenangan Mutiara Hitam lewat counter attack yang apik. Berawal dari kesalahan bek Persija mengantisipasi umpan terobosan, Beto berhasil mengecoh Aris Indarto sebelum dengan dingin mengelabui kiper M. Yasir.

Serangan balik Persipura kembali membuahkan hasil enam menit kemudian. Beto kembali jadi momok Persija karena menjadi inisiator gol kedua. Setelah berhasil melakukan solo run ke dalam kotak penalti Beto memberikan umpan kepada Boaz Solosaa yang berdiri bebas. Peluang ini tidak disia-siakan Boaz yang langsung mengarahkan bola ke kanan tiang.

Persija yang memainkan tempo lambat di babak pertama sebenarnya punya peluang lewat tendangan kapten Bambang Pamungkas masih mampu ditangkap Jendri Pitoy. Begitu juga dengan tendangan keras Mustafik Fahrudin empat menit sebelum bubaran. Skor 2-0 bertahan hingga turun minum.

Walaupun lebih banyak menguasai bola pada babak kedua Persija tidak punya peluang berarti yang mengancam gawang Jendri. Umpan langsung ke dalam kotak yang menjadi ciri khas skuad asuhan Benny Dollo dapat diredam oleh lini pertahanan Persipura yang tampil tanpa dua pemain andalannya, Victor Igbonefo dan Bio Paulin.

Skor 0-2 untuk keunggulan tim tamu praktis bertahan hingga usai laga meskipun Bendol mengubah formasi dengan memasukan Salim Alaydrus dan TA Mushafry yang menggantikan Bambang Pamungkas serta Agus Indra Kurniawan.
 
Kemenangan ini membuat skuad Jacksen Tiago tetap berada di peringkat tiga dengan 45 poin atau terpaut tiga poin dari pimpinan klasemen Arema Malang dan hanya terpaut satu poin dari Persiba Balikpapan. Sedangkan Persija masih tertahan di peringkat enam dengan 35 poin.(ANO/MEG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini