Sukses

Abanda Selamatkan Muka Persija

Gol Herman Abanda di injury time menyelamatkan Persija Jakarta dari kekalahan memalukan saat menjamu Persib Bandung. Duel klasik nan panas di Stadion Utama Gelora Bung Karno pun berakhir imbang 2-2 (0-0).

Liputan6.com, Jakarta: Persija Jakarta nyaris menuai aib di hadapan pendukungnya sendiri. Kemenangan sensasional Persib Bandung atas musuh bebuyutannya tersebut dibuyarkan gol Herman Abanda di injury time. Skor duel klasik nan panas di Stadion Utama Gelora Bung Karno pun berakhir imbang 2-2.

Persib sedianya tidak pernah menang di tanah Jakarta sejak Liga Indonesia bergulir musim 1994-95. Perkecualian datang dari kemenangan musim lalu, namun ketika itu Persija kalah pada partai di Stadion Gajayana, Malang, Jawa Timur.

Babak pertama berjalan tujuh menit, kiper Persija Roni Tri Prasnanto yang mengisi tempat M. Yaris dipaksa berjibaku saat memblok tendangan kaki kiri Eka Ramdhani. Persija ganti mengancam tiga menit kemudian. Tapi pelung menjanjikan dari Firman Utina bisa digagalkan Markus Horison.

Dua kesempatan itu menebalkan kepercayaan diri anak-anak asuhan Benny Dollo. Para pemain Persija lebih banyak menguasai bola. Markus yang bemain gemilang kembali mematahkan peluang tuan rumah melalui tendangan voli Bambang di menit ke-36.  Tiga menit kemudian kiper berkepala plontos itu menggagalkan tendangan Bepe yang sambil memutarkan badan.

Markus sekali lagi membuktikan pantas mengawal gawang tim nasional. Satu menit sebelum babak pertama usai penyelamatan brilianMarkus menggagalkan tembakan Ismed Sofyan. Skor “kacamata” alias 0-0 menutup babak pertama.

Di babak kedua Markus kembali menjadi momok yang sulit ditembus serangan Macan Kamayoran saat menggagalkan sundulan Abanda. Pada menit ke-59 SUGBK hening sejenak saat Christian ‘El Loco’ Gonzales menuntaskan umpan dan akselerasi apik dari Airlangga Sucipto di sisi kiri pertahanan Persija.

Persija sekali lagi dijauhi keberuntungan. Pada menit ke-61 mereka merespon namun peluang yang dimiliki M. Ilham hanya menerpa mistar. Selang lima menit tensi memanas. Gonzales dan Ismed bersitegang yang menyulut saling dorong dari kedua kesebelasan. Beruntung insiden itu tidak berlarut.

Jak-Mania akhirnya bersorak kegirangan di menit ke-71. Keputusan Bendol dengan memasukkan Emanuel Serge menggantikan Bepe dibayar tuntas assist striker berambut mohawk itiu yang dikonversi menjadi gol oleh Aliyudin lewat sundulan. Skor kembali imbang 1-1.

Persib kembali unggul di menit ke-87 melalui penalti El Loco yang mengelabui Roni Tri. Wasit memberi penalti seusai bola umpan Atep menerpa tangan Ismed. Berbondong-bondong para pemain Persija melayangkan protes, tapi tidak digubris sang wasit.

Di saat kemenangan sudah di depan mata, Abanda membuyarkan kemenangan Persib. Berawal dari tendangan bebas Ismed, bola disambut Abanda dengan sundulan yang mengoyak gawang Maung Bandung. Gol tersebut tidak terlepas dari kurang sempurnya antisipasi dari Markus. Hasil berbagi poin membuat Persib tertahan di urutan empat dengan 43 poin. Terpaut tujuh poin, Persija menduduki peringkat enam.(DIM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini