Sukses

Menpora Siap Bicara dengan Kelompok 78

Untuk menyukseskan kongres lanjutan PSSI, Menpora Andi Mallarangeng siap berbicara dengan kelompok manapun. Pemerintah siap memfasilitasi pelaksanaan kongres lanjutan sesuai keputusan FIFA.

Liputan6.com, Malang: Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Andi Mallarangeng menyatakan siap berbicara dengan pihak manapun, termasuk kelompok 78 untuk menyukseskan pelaksanaan kongres lanjutan PSSI.

Menurut Andi, Kamis (2/6), Kongres PSSI lanjutan perlu disiapkan dengan baik, termasuk memfasilitasi semua kelompok. Dengan begitu nantinya kongres bisa berjalan sesuai kehendak organisasi sepak bola dunia (FIFA). "FIFA telah memberi kesempatan agar pesepakbolaan Indonesia bisa kembali membuka lembaran baru," kata Andi.

Untuk itu, kata Andi, perlu dilakukan inisiatif pendekatan dengan semua kelompok agar pelaksanaan kongres bisa menghasilkan pengurus-pengurus baru. Selain itu, pemerintah juga siap memfasilitasi pelaksanaan kongres PSSI lanjutan, sesuai keputusan FIFA, yakni sebelum tanggal 30 Juni mendatang.

Sebelumnya, Komite Eksekutif (EXCO) FIFA memutuskan, jika permasalahan PSSI tak selesai pada 30 Juni, maka otomatis akan dihukum pada 1 Juli 2011. Hal itu dikemukakan FIFA dalam situs resminya Selasa lalu.

Dalam keterangan itu, Exco FIFA memberi kesempatan terakhir pada PSSI melalui Komite Normalisasi untuk menyelenggarakan pemilihan hingga 30 Juni. Namun, pelaksanaan kongres harus berdasarkan peraturan dan keputusan FIFA sebelumnya, yakni tetap memutuskan agar empat orang yang dicekal tidak boleh maju kembali, dan membawa liga yang memisahkan diri untuk kembali di bawah kendali PSSI.(IAN/Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.