Sukses

Sulitnya Menjebol Benteng Stamford Bridge

April 2004, itulah terakhir kali Manchester United membawa pulang kemenangan dari kandang Chelsea. Mampukah roda waktu diputar anak buah Sir Alex Ferguson kali ini? Ataukah justru MU yang terkapar?

Liputan6.com, London: Stamford Bridge. Mendengar nama stadion yang menjadi markas Chelsea itu terngiang keangkeran. Tidak mudah membawa pulang kemenangan dari stadion yang terletak di West London. Rekor Liga Premier disandang Chelsea yang tidak pernah terkalahkan dalam 86 pertandingan di Stamford Bridge, dari 20 Maret 2004 hingga 26 Oktober 2008.

Tidak ketinggalan Manchester United yang begitu superior di Liga Premier. Di hampir satu dekade terakhir The Red Devils tidak pernah merasakan manisnya kemenangan seusai mengunjunginya. Terakhir kali Sir Alex Ferguson membusungkan dada sepulang dari stadion berkapasitas 42.000 tempat duduk itu pada 2002, tepatnya 20 April.

Setelah itu nihil! Seri saja sudah bagus. Ferguson punya tugas memutar roda waktu dan Minggu, 8 November, kesempatan itu datang. Tapi tunggu dulu. The Blues begitu superior musim ini jika bermain di kandang. Dari lima laga yang dimainkan di liga, John Terry dkk menggapai 15 poin, artinya mereka mampu memaksimalisasi keuntungan di hadapan fansnya, dengan perbandingan gol-kemasukan 15 : 1.

Di tangan Carlo Ancelotti permainan Chelsea lebih solid. Dengan 4-4-2 diamond formation, keseimbangan mampu dijaga. Ancelotti juga meruntuhkan klaim Avram Grant dan Luiz Felipe Scolari yang yakin Nicolas Anelka dan Didier Drogba tidak bisa berduet bersama di depan. Keduanya total menyumbang 12 gol yang sembilan di antaranya milik Drogba.

MU sebaliknya. Mereka dua kali keok dari tandang. Salah satunya dari Burnley, klub yang baru promosi musim ini. Performa MU juga tidak konsisten musim ini yang tanpa Cristiano Ronaldo. Pun lini belakang tidak lagi sekokoh musim sebelumnya. Nemanja Vidic dan Rio Ferdinand silih berganti didera cedera.

Menarik ditunggu duel ketajaman Drogba dan Wayne Rooney. Partai ini akan diliputi aroma persaingan yang panas. Di klasemen sementara MU tertinggal dua poin dari Chelsea yang menduduki singgasana. Mampukah MU menyalip, atau justru Chelsea yang kian menjauhkan diri? (DIM)

Head to head:
09-08-2009 Community Shield: Chelsea (pen) 2 – 2 Manchester United
11-01-2009 Liga Premier: Manchester United 3 – 0 Chelsea
21-09-2008 Liga Premier: Chelsea 1 – 1 Manchester United
22-05-2008 Liga Champions: Chelsea 1 – 1 (pen) Manchester United
26-04-2008 Liga Premier: Chelsea 2 – 1 Manchester United
23-09-2007 Liga Premier: Manchester United 2 – 0 Chelsea

Prakiraan pemain:
Chelsea: Cech; Ivanovic, Carvalho, Terry, Ashley Cole; Essien, Ballack, Lampard, Joe Cole; Anelka, Drogba.
Manchester United: Van der Sar; O'Shea, Brown, Evans, Evra; Valencia, Scholes, Carrick, Nani; Berbatov, Rooney.

Prediksi:
Chelsea 55-45 Manchester United

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.