Sukses

Rivalitas Dua Tetangga dari Iberia

Sebagai negara tetangga Spanyol dan Portugal saling bersaing, termasuk urusan sepakbola. Kedua negara kini bersaing memperebutkan tiket terakhir menuju babak perempat final Piala Dunia 2010.

Liputan6.com, Jakarta: Karena letak geografis yang bertetangga, Spanyol dan Portugal kerap bergesekan kepentingan. Pun demikian di ranah sepakbola. Spanyol tidak mau kalah dengan tetangganya di semenanjung Iberia tersebut, pun sebaliknya. Kini keduanya saling baku tekel guna memperebutkan tiket terakhir babak perempat final Piala Dunia 2010.

Portugal sadar akan kondisinya yang kuarng diperhitungkan dibanding Spanyol. La Furia Roja melangkah ke babak 16 besar sebagai juara Grup H, sedangkan Portugal hanya runner-up Grup G. Spanyol merupakan pemegang gelar juara Eropa, sedangkan Portugal belum sekalipun merasakan manisnya mengangkat piala di turnamen penting tersebut, apalagi Piala Dunia.

Portugal berkesempatan menjungkalkan ambisi Spanyol mengawinkan gelar Eropa dan dunia di Stadion Cape Town, Cape Town, Selasa (29/6) atau Rabu dini hari WIB nanti. Pelatih Portugal Carlos Queiroz sudah bisa menurunkan Paulo Ferreira di bek kanan, sedangkan Liedson bisa kembali menghuni starting line-up.

Pelatih Spanyol Vicente Del Bosque sedang menunggu kabar dari Xabi Alonso. Gelandang Real Madrid itu masih terbelenggu cedera engkel. Jika Alonso tidak bermain maka tempatnya akan diisi Javier Martinez atau mengembalikan Andres Iniesta ke lini tengah. Spanyol beruntung karena pemainnya belum satu pun menerima kartu kuning.

Tekanan ada pada Spanyol dan Del Bosque harus pintar-pintar memompa fokus anak-anak didiknya. Serangan La Furia Roja tidak lagi seganas ketika berjaya di Euro 2008. Lini depan pincang dengan belum kembalinya sentuhan Fernando Torres. Apalagi lini belakang Seleccao sudah teruji benar. Tim besutan Carlos Queiroz merupakan satu-satunya tim yang belum kebobolan di PD 2010.

Cristiano Ronaldo akan menjadi andalan Portugal dalam menggedor pertahanan Spanyol yang terbukti mudah digedor Swiss di laga pembuka. Rasa penasaran Ronaldo bisa terobati setelah mencetak gol ke gawang Korea Utara. Simao Sabrossa kemungkinan akan kembali menghuni posisi gelandang serang untuk menggantikan Danny.

Head to head:
20-06-2004 Piala Eropa Spanyol 0 – 1 Portugal
06-09-2003 Partai persahabatan: 0 – 3 Spanyol
13-02-2002 Partai persahabatan: Spanyol 1 – 1 Portugal
19-01-1994 Partai persahabatan: Spanyol 2 – 2 Portugal
15-01-1992 Partai persahabatan: Portugal 0 – 0 Spanyol
16-01-1991 Partai persahabatan: Spanyol 1 – 1 Portugal
17-06-1984 Piala Eropa: Portugal 1 – 1 Spanyol

Prakiraan susunan pemain:

Spanyol: Iker Casillas; Sergio Ramos, Gerard Pique, Carles Puyol, Joan Capdevila; Sergio Busquets, Xavi Hernandez, Xabi Alonso; Andres Iniesta, Fernando Torres, David Villa.
Portugal: Eduardo; Paulo Ferreira, Bruno Alves, Ricardo Carvalho, Fabio Coentrao; Pedro Mendes, Raul Meireles, Tiago; Simao, Ronaldo; Liedson.
Wasit: Hector Baldassi (Argentina).

Prediksi peluang:
Spanyol 55-45 Portugal
(DIM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini