Sukses

Penentu Penguasa Inggris

Di Old Trafford, Minggu (8/5), gelar juara Liga Premier musim ini ditentukan. Manchester United yang tengah mengejar gelar ganda akan menjamu Chelsea yang bangkit setelah sempat tertinggal 15 poin.

Liputan6.com, Manchester: Di Old Trafford, Minggu (8/5), gelar juara Liga Premier musim ini ditentukan. Manchester United yang tengah mengejar gelar ganda akan menjamu Chelsea yang bangkit setelah sempat tertinggal 15 poin.

Kemenangan bagi MU praktis menggapai gelar juara liga domestik untuk ke-19 kalinya yang berarti menorehkan rekor peraih trofi terbanyak menggusur Liverpool. MU yang kini unggul tiga poin dari Chelsea semakin nyaman di puncak klasemen. Kalah, Chelsea berada di posisi terdepan berkat unggul soal selisih gol.

Partai ini menjadi puncak musim yang dramatis bagi Carlo Ancelotti. Bagaimana tidak? Sekitar 10 minggu lalu, Chelsea tertinggal lima kemenangan dari MU. Dan kebangkitan mereka tidak terlepas dari kemenangan 2-1 pada pertemuan pertama di Stamford Bridge, 2 Maret 2011.

Tapi MU punya rekor mengesankan di kandang sendiri. Tim besutan Sir Alex Ferguson mampu mendulang 49 dari maksimal 51 poin di Old Trafford dan tidak terkalahkan sejak April 2010. MU juga sukses menggebuk Chelsea di babak perempat final Liga Champions, baik di partai kandang maupun tandang.

Uniknya, kekalahan terakhir MU di depan publiknya sendiri tersebut terjadi ketika menjamu Chelsea. Kemenangan dengan skor 2-1 saat itu membawa Chelsea menyalip MU di puncak klasemen dan untuk seterusnya keluar sebagai juara untuk melengkapi gelar ganda mereka—bersama FA Cup.

Saking pentingnya, partai ini akan dipimpin Howard Webb, wasit yang memimpin partai final Piala Dunia 2010. Statistik menunjukkan Webb lebih ramah pada The Red Devils. Webb tercatat memberi penalti pada MU di tiga dari empat pertandingan terakhir ketika memimpin laga di Old Trafford. MU juga menang tujuh partai Liga Premier terakhir di Old Trafford ketika Webb bertugas.

Tetapi, kebangkitan The Blues wajib dicermati. John Terry dan kawan-kawan meraup 25 poin dari 27 yang tersedia yang merupakan catatan terbaik di Liga Premier. Unggul selisih gol menjadi keuntungan Chelsea yang jika menang akan memimpin klasemen untuk pertama kalinya sejak lebih dari lima bulan lalu. Apalagi, setelah partai ini, baik Chelsea maupun MU hanya menyisakan dua laga.(DIM)

Head to head:
13/04/11 Liga Champions: Manchester United 2 – 1 Chelsea
07/04/11 Liga Champions: Chelsea 0 – 1 Manchester United
02/03/11 Liga Premier: Chelsea 2 – 1 Manchester United
08/08/10 Community Shield: Chelsea 1 – 3 Manchester United
03/04/10 Liga Premier: Manchester United 1 – 2 Chelsea
08/11/09 Liga Premier: Chelsea 1 – 0 Manchester United

Prakiraan susunan pemain:
Man Utd: Van der Sar; Rafael Da Silva, Ferdinand, Vidic, Evra, Fletcher, Scholes, Nani, Park Ji-Sung, Hernandez, Rooney.
Chelsea: Cech: Ivanovic, David Luiz, Terry, Ashley Cole, Essien, Mikel, Lampard, Malouda, Anelka, Drogba.

Prediksi peluang:
MU 50-50 Chelsea

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini