Sukses

Kompetisi Spanyol Dibuka Permusuhan Klasik

Juara La Liga Barcelona bertemu kampiun Copa del Rey Real Madrid dalam perebutan trofi Piala Super Spanyol. Laga dua leg ini dimulai Minggu (14/8) dan menjadi awal kompetisi sepakbola di Spanyol.

Liputan6.com, Madrid: Musim kompetisi 2011-12 di Spanyol akan dimulai dengan laga el clasico di ajang Piala Super Spanyol. Berlangsung dua leg, pertemuan pertama dua musuh bebuyutan di negara Semenanjung Iberia antara juara La Liga Barcelona kontra kampiun Copa del Rey Real Madrid akan dihelat Minggu (14/8).

Pertemuan dua seteru utama ini, musim lalu mereka saling berhadapan lima kali, akan dilaksanakan di Santiago Bernabeu. Tiga hari kemudian, Rabu (17/8), Madrid ganti bertandang ke kandang Barca di Nou Camp.

Madrid hanya sekali mengalahkan Barca di musim lalu, kemenangan 1-0 di final Copa del Rey. Madrid lebih siap menyambut musim ini. Pembelian pemain diselesaikan jauh-jauh hari dengan menggaet Fabio Coentrao, Raphael Varane, Nuri Sahin, Hamit Altintop, dan Jose Maria Callejon. Jose Mourinho jadi lebih mudah meramu taktik untuk skuat Los Merengues.

Barca baru mendatangkan Alexis Sanchez dan masih menunggu kepulangan Cesc Fabregas. Pun, selama persiapan pelatih Pep Guardiola belum bisa menampilkan Xavi Hernandez, Carles Puyol, dan Lionel Messi. Dua pemain pertama absen karena masih dirundung cedera, sedangkan Messi harus beristirahat setelah membela Argentina di Copa America.

Tetapi Barca punya sistem yang solid dan Guardiola tahu resep memaksimalkan pemain muda yang pernah ditanganinya langsung. Jadi banyak yang beranggapan Barca tetap layak difavoritkan. Bagaimana dengan pilihan Anda?

Salah satu pemai muda Barca yang mencuat yakni Thiago Alcantara. Pemain muda berdarah Brasil dan kelahiran Italia ini yakin Azulgrana mampu mengalahkan Madrid untuk mendekap trofi SuperCopa. “Sederhana, menurut hemat saya, Barcelona akan keluar sebagai juara,” kata pemain muda potensial Spanyol tersebut.

Barca merupakan pemegang gelar juara bertahan. Musim lalu mereka keluar sebagai pemenang usai mengalahkan Sevilla dengan skor agregat 5-3. Kemenangan itu membuat Barca membukukan rekor juara sembilan kali.(DIM)

Head to head:
04/05/11 Liga Champions: Barcelona 1 – 1 Real Madrid
28/04/11 Liga Champions: Real Madrid 0 – 2 Barcelona
21/04/11 Copa del Rey: Barcelona 0 – 1 Real Madrid (extra time)
17/04/11 La Liga: Real Madrid 1 – 1 Barcelona
30/11/10 La Liga: Barcelona 5 – 0 Real Madrid
11/04/10 La Liga: Real Madrid 0 – 2 Barcelona
30/11/09 La Liga: Barcelona 1 – 0 Real Madrid
03/05/09 La Liga: Real Madrid 2 – 6 Barcelona

Prakiraan susunan pemain:
Real Madrid: Casillas; Carvalho, Pepe, Coentrao, Sergio Ramos, Khedira, Xabi Alonso, Di Maria, Ozil, Ronaldo, Benzema.
Barcelona: Valdes; Mascherano, Pique, Abidal, Dani Alves, Keita, Thiago, Iniesta, Villa, Pedro, Messi.

Prediksi peluang:
Real Madrid 45-55 Barcelona

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.