Sukses

Ronaldo: Juventus Maling Scudetto

Ronaldo berkaca pada pertemuan Juve dengan Inter pada 26 April 1998.

Liputan6.com, Milan Lama tak terdengar kabarnya, pesepakbola legendaris Brasil Ronaldo tiba-tiba muncul dengan pernyataan kontroversial. Eks pemain Barcelona dan Real Madrid itu menyerang Juventus. Ronaldo menganggap La Vecchia Signora telah mencuri dua Scudetto lain yang seharusnya jadi milik mantan klubnya, Inter Milan.

Juventus memang sempat tersandung kasus pengaturan skor pada pertengahan tahun 2000-an. Akibat kasus itu mereka harus turun kasta ke Serie A dan kehilangan dua gelar Scudetto pada tahun 2005 dan 2006.

Kasus Calciopoli itu menurut Ronaldo membuka mata dunia bila Juventus memang klub yang licik. Dalam wawancaranya dengan Sportweek, Ronaldo menyatakan dua gelar Scudetto Juve pada tahun 1998 dan 2002 juga seharusnya dicopot karena menurutnya didapat dengan cara tidak halal.

Ronaldo berkaca pada pertemuan Juve dengan Inter pada 26 April 1998. Ketika itu wasit tidak memberikan hadiah penalti saat Ronaldo dilanggar Mark Iuliano sehingga La Beneamata harus mengakui keunggulan I Bianconeri 0-1.

"Kehilangan Scudetto di hari terakhir benar-benar menghancurkan kami, tapi Calciopoli kini telah memancarkan kebenaran pada tahun-tahun tersebut. Mereka mencuri dua Scudetto dari kami pada tahun 1998 ketika wasit tidak memberikan penalti kepada kami atas pelanggaran Mark Iuliano terhadap saya dan pada tahun 2002 ketika keadaan berakhir sama seperti itu," ucap Ronaldo.

"Dalam dua kasus tersebut, tim juara adalah Juventus dengan Luciano Moggi, Antonio Giraudo and Roberto Bettega. Tiga mafia. Tentunya pada saat itu kami merasakan sesuatu yang kotor terjadi tapi kami tidak memiliki bukti. Calciopoli menunjukkan kami di pihak yang benar," pungkas Ronaldo.

Pernyataan pedas dari Ronaldo ini tentunya akan menyulut kembali perselisihan kedua klub top Italia ini. Selama ini Juve merasa tidak bersalah dan menganggap Inter sebagai biang keladi Calciopoli. Apalagi kemudian ditemukan bukti baru bila Inter juga beberapa kali menghubungi pemimpin wasit Serie A.

Baca Juga

Gasak Levante, Madrid Unggul Empat Angka dari Barca

Wasit Inggris Pimpin Duel Atletico vs Milan

Hendra/Ahsan Juara All England 2014

Persija Gagal Kalahkan Sriwijaya Karena Persib

Inter Atasi Torino

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini