Sukses

[Full Time] Gol Martinez Bawa Porto Raih Poin Penting

Liputan6.com, Porto: Gol Jackson Martínez sudah cukup membawa Porto meraih poin sempurna saat menjamu Napoli di leg pertama babak 16 besar Liga Europa, Jumat (14/3/2014) dini hari WIB, di Estadio Do Dragao, Porto. Kemenangan 1-0 ini, sedikitnya menjadi modal penting untuk melakoni leg kedua di kandang Napoli.  

Tempo pertandingan di awal babak pertama masih berjalan lamban. Kedua tim masih berhati-hati dalam melakukan serangan.

Sepuluh menit kemudian Porto mulai lebih banyak melakukan tekanan. Peluang pertama tuan rumah diperoleh di menit 12. Namun, sayang tendangan  Jackson Martínez masih bisa ditepis kiper Napoli, Reina.

Sementara itu, Napoli seperti kesulitan mengembangkan permainan. Higuain dan Insigne yang berada di lini depan hampir tidak memiliki kesempatan untuk menembus pertahanan Porto.
Serangan balik cukup cepat dilakukan Napoli. Callejon yang lolos di sisi kanan memberikan umpan silang. Namun, bola sodoran Callejon gagal diselesaikan Higuain dan Insigne.

Mendekati akhir babak pertama, Porto dan Napoli masih kesulitan membuka celah untuk membuat gol. Upaya kedua tim selalu kandas di daerah pertahanan lawan.

Babak kedua baru berjalan satu menit, Reina kembali melakukan aksi penyelamatan yang sangat gemilang. Kiper Napoli ini berhasil menepis tendangan jarak jauh Fernando.
Sepuluh menit kemudian tendangan Ricardo Quaresma masih melebar di sisi gawang Reina.

Kesempatan terbaik didapat Napoli di menit 53. Berawal dari serangan balik, Hamsik melepas umpan ke arah Higuain yang sudah berdiri bebas. Sayang, tendangan Higuain masih bisa diblok kiper Helton.

Dua menit kemudian Helton kembali menjadi penyelamat timnya. Lagi-lagi dia berhasil menghalau tembakan Higuain.

Porto justru yang berhasil memecah kebunrtuan pada menit 57. Berawal dari tendangan sudut, bola liar langsung disambar Martínez. Kedudukan 1-0 untuk tuan rumah.

Gol pembuka tersebut, langsung melecut para pemain Napoli untuk lebih banyak melakukan tekanan. Berulangkali Callejon, Hamsik, dan Higuaín berusaha menembus pertahanan Porto, namun selalu gagal.

Rafael Benitez kemudian memasukan D. Mertens dan Pandev menggantikan Callejon, dan Hamsik. Kedua tenaga baru itu diharapkan bisa membuka jalan untuk menyamakan kedudukan. Tapi, sayang hingga pertandingan selesai, Napoli gagal mengejar ketinggalan.

Susunan pemain

Porto: Helton (GK) (C), Danilo, Maicon, Mangala, Alex Sandro, Carlos Eduardo, Fernando, Defour, Quaresma, Martínez, Varela
Napoli: Reina (GK), Reveillere, Henrique, Britos, Ghoulam, Albiol, Callejon (Pandev), Hamsik (C) (D. Mertens), Behrami, Higuaín, Insigne

Artikel Selanjutnya
Hasil Lengkap Leg Pertama Playoff Liga Champions Semalam
Artikel Selanjutnya
Imbang Lawan Watford, Klopp: Gol Britos Offside