Sukses

Klub Juara Liga Argentina Buat Patung Paus Fransiskus

Sebagai bentuk apresiasi klub atas dukungan dan loyalitas Bapa Suci terhadap San Lorenzo.

Liputan6.com, Buenos Aires Pemimpin umat Katolik sedunia, Paus Fransiskus mendapat kehormatan dari klub lokal asal Argentina, San Lorenzo. Manajemen klub membuatkan patung perunggu Paus Fransiskus seberat 300kg. Patung itu akan ditempatkan di kantor sekretariat klub di Buenos Aires.

Patung itu sebagai bentuk apresiasi klub atas kesetiaan Paus Fransiskus mendukung San Lorenzo. Paus Fransiskus sendiri kerap terlihat di tribun penonton saat San Lorenzo berlaga. Dalam sebuah kesempatan di Argentina, Paus Fransiskus yang bernama asli Jorge Mario Bergoglio sempat berpose dengan bendera San Lorenzo.

Untuk menunjukkan ‘jati diri’ sebagai pendukung fanatik San Lorenzo, suksesor Paus Benediktus itu membuat kartu anggota suporter San Lorenzo. Dia bahkan telah terdaftar sebagai  fans San Lorenzo sejak 12 Maret 2008 atau lima tahun sebelum dia ditunjuk sebagai Bapa Suci umat Katolik.

Ide untuk membuat patung Paus Fransiskus muncul setelah manajemen klub melihat loyalitas Paus Fransiskus memberikan dukungan untuk San Lorenzo. Wakil Presiden klub, Marcelo Tinelli mengungkapkan, gagasan membuatkan patung Paus Fransiskus muncul melihat besarnya antusiasme wisatawan yang ingin berfoto dengan gambar Paus Fransiskus yang terpajang di kantor Sekretariat klub.

“Saat merenovasi kantor, ketika ingin mengubah bagian luar bangunan, kami melihat banyak turis datang dan mengambil foto Paus. Kami lantas berbicara dengan seluruh manajemen. Lalu, gagasan itu muncul,” ujar Tinelli dikutip dari Daily Mail.

Rencananya, patung Paus Fransiskus akan dibuat oleh seniman patung terkenal dari Argentina, Salvador Kasem. Bentuknya disesuaikan dengan dokumentasi yang dimiliki San Lorenzo. Petinggi San Lorenzo sempat mengunjungi Vatikan pada Desember 2013 setelah klub memenangkan gelar Liga Primer Argentina.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini