Sukses

Napoli vs Porto: Tuan Rumah Harapkan Daya Magis Stadion San Paolo

Napoli terbukti sakti saat tampil di markas mereka sendiri, Stadion San Paolo.

Liputan6.com, Naples: Tugas berat harus diemban Porto kala bertandang ke markas Napoli di leg kedua babak 16 besar Liga Europa, Jumat (21/3/2014) dinihari WIB. Meski sudah menang di leg pertama tengah pekan lalu, Porto tetap diliputi perasaan cemas karena lawan yang akan mereka hadapi dikenal sebagai tim jago kandang.

Hasil bagus sering diraih Napoli saat bermain di Stadion San Paolo. Dari 14 laga kandang yang telah dilakoni Il Partenopei di ajang Serie A, sembilan diantaranya berhasil dimaksimalkan dengan merebut kemenangan. Sisanya, Napoli kalah sekali dan imbang empat kali.

Catatan nyaris sempurna juga diukir Marek Hamsik dan kawan-kawan saat bermain di kompetisi Liga Champions Eropa. Dari tiga partai kandang di babak penysisihan grup F, Napoli selalu berhasil menyelesaikannya dengan kemenangan.

Namun sayangnya mereka kurang beruntung. Sebab pada akhirnya justru Arsenal dan Borussia Dortmund yang lolos ke babak 16 besar. Napoli telah mengamankan torehan 12 poin, sama dengan yang dimiliki Arsenal dan Dortmund. Tapi sesuai peraturan, Napoli gagal lolos dari babak penyisihan karena kalah soal agresifitas gol.

Meski demikian, Napoli tak langsung terpuruk pasca gagal dari Liga Champions. Dengan dimotori pelatih sekelas Rafael Benitez, mereka berambisi menjuarai ajang Liga Europa musim ini.

Fokus Napoli diyakini hanya akan terpusat ke Liga Europa. Hal tersebut mereka lalukan karena sudah tak lagi memprioritaskan gelar Scudetto Serie A yang hampir pasti lepas dari kejaran. Bila melihat papan klasemen, Napoli memang tertinggal jauh dari Juventus yang masih kokoh menguasai singgasana. Hingga pekan ke-28, Napoli hanya mengantungi 58 poin. Mereka tertinggal 17 angka dari pasukan I Bianconeri.

Porto harusnya sadar lawan yang mereka hadapi kali ini memiliki ambisi berlapis-lapis. Keunggulan aggregat 1-0 tentu tak cukup untuk menolong Porto agar bisa menjamin tiket ke babak 8 besar Liga Europa.

Pelatih Porto, Luis Castro dipaksa untuk menyelesaikan dua tugas berat. Pertama, ia harus bisa mengembalikan kepercayaan diri anak didiknya pasca dikalahkan 0-1 oleh Sporting Clube de Portugal. Lalu yang kedua, ia harus bisa menerapkan strategi terbaik demi menjinakkan keganasan Napoli di Stadion San Paolo. (Van)

Prakiraan susunan pemain:

Napoli: Reina; Britos, Fernandez, Albiol, Maggio; Jorginho, Inler; Mertens, Hamsik, Callejon; Higuain

Porto: Helton; Danilo, Maicon, Mangala, Alex Sandro; Quaresma, Quintero, Fernando, Herrera; Martinez, Varela

 

5 Laga Terakhir Napoli:
17/03/14 Torino      0 - 1     Napoli
13/03/14 Porto       1 - 0     Napoli
09/03/14 Napoli      1 - 0     Roma
02/03/14 Livorno    1 - 1     Napoli
27/02/14 Napoli      3 - 1     Swansea City AFC

5 Laga Terakhir Porto:
16/03/14 Sporting CP    1 - 0     Porto
13/03/14 Porto              1 - 0     Napoli
09/03/14 Porto              4 - 1     Arouca
02/03/14 Vitoria             2 - 2     Porto
27/02/14 Frankfurt         3 - 3     Porto

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.