Sukses

Sepanjang Sejarah, Juara Grup Bertemu di Perempatfinal

Musim ini, kemungkinan ada dua tim asal Spanyol yang akan bermain di semifinal.

Liputan6.com, Nyon Drawing babak perempatfinal Liga Champions rampung digelar. Bisa dipastikan, duel seru terjadi di fase ini.Dikutip dari situs resmi UEFA, semua kontestan perempatfinal juara di masing-masing grup Liga Champions.

Undian yang dilakukan di Nyon, markas UEFA, dua tim Spanyol, Barcelona dan Atletico Madrid sudah harus saling menyingkirkan. Ulangan semifinal Liga Champions musim lalu antara Real Madrid dan Borussia Dortmund juga menjadi sajian menarik gelaran kompetisi antarklub elite di Eropa itu.

Sedangkan, Bayern Munich akan jumpa raksasa ‘sakit’ Manchester United (MU). Performa kedua kubu di pentas domestik masing-masing berbanding terbalik. Bayern hampir pasti menjadi juara Bundesliga. Sedangkan, MU masih berkutat di peringkat 7 klasemen.

Setidaknya terdapat 7 data dan fakta seputar Liga Champions musim ini yang perlu diketahui sebagaimana dikutip dari situs resmi UEFA dan Opta:

1. Dua tim asal Spanyol, Barcelona kontra Atletico Madrid sudah harus saling tikam. Namun untuk pertama kali sejarah, kedua tim La Liga itu bertemu di ajang Eropa. Musim ini, di pentas domestik, Barcelona telah bertemu tiga kali dengan Atletico (2 di Piala Super Spanyol dan 1 La Liga). Semua pertandingan berakhir dengan hasil imbang.

2. Laga Chelsea dan PSG pernah terjadi di fase grup musim 2004-05. Saat itu, The Blues ditangani pelatihnya saat ini, Jose Mourinho. Chelsea menang 3-0 di Paris dan bermain imbang tanpa gol di kandangnya, Stamford Bridge.

3. MU dan Bayern sejauh ini telah 9 kali bertemu di Liga Champions. MU hanya memetik 1 kemenangan dari 4 pertandingan kandang melawan Bayern. Terakhir, MU disingkirkan Bayern pada perempatfinal musim 2009-10. Pertandingan ini juga final ulangan Liga Champions musim 1999. Kala itu, MU menang 2-1 dan meraih treble-winner sepanjang sejarah klub.

4. Madrid dan Dortmund untuk pertama kali bertemu sejak semifinal musim lalu. Ketika itu, Madrid kalah telak 1-4 di empat besar dan hanya mampu memetik kemenangan 2-0 di kandang. Dortmund lolos ke final dengan agregat 4-3. Secara keseluruhan, kedua kubu telah bertemu 8 kali di ajang Liga Champions. Madrid menang 3 kali dan Dortmund 2 kali.

5. Sepanjang sejarah Liga Champions, seluruh juara grup Liga Champions akan saling sikut di babak perempat final.

6. Selama tujuh musim berturut-turut, hanya ada satu tim asal Spanyol yang melenggang ke semifinal Liga Champions. Namun di musim ini, kemungkinan ada dua tim Spanyol di fase semifinal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini