Sukses

Jokowi-Dino Sambut Tim Garuda Baru di Balaikota

"Yang dari Jakarta mana? Sini Maju kedepan," ucap Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) menemui anak-anak jalanan yang tergabung dalam tim Street Soccer Garuda Baru yang akan berangkat ke Brazil dalam rangka mengikuti kejuaraan dunia Street Soccer.

Dalam kesempatan itu, Jokowi memberi semangat kepada para anak jalanan yang mayoritas putus sekolah, untuk melanjutkan sekolah sepulang dari Brazil. Mengawali sambutannya, Jokowi sempat bertanya kepada beberapa anak.

"Yang dari Jakarta mana? Sini Maju kedepan," ucap Jokowi.

Dua orang anak bernama Jessica dan Ian kemudian maju kedepan. Mantan Walikota Solo itu kemudian bertanya kepada kedua anak tersebut apakah mau melanjutkan sekolah atau tidak.

"Kamu pengen sekolah lagi gak?" tanya Jokowi kepada Ian. "Mau Pak, saya sekolah cuma sampai kelas 5 SD," jawab Ian.

"Lalu, kalau kamu mau sekolah siapa biayanya yang nanggung," tanya Jokowi. "Ya Pak Jokowi dong yang bayar," ucap Ian dengan polosnya.

Mendengar jawaban itu, Jokowi pun tertawa. Lalu ia meminta Ian, yang merupakan salah seorang anggota street soccer perwakilan Jakarta itu untuk fokus menghadapi kejuaraan di Brazil. Dan sekembalinya dari negeri samba, Jokowi berjanji akan membiayai sekolahnya.

"Ya sudah, nanti kalu ke Brazil dulu, urusan sekolahnya nanti bagian saya yang urus," kata Jokowi.

Sepulang dari Brazil, Jokowi pun meminta agar Ian dan anak-anak lainnya, khususnya yang berasal dari Jakarta, untuk melanjutkan sekolahnya. "Kamu berarti harus lulus dulu, dapat ijazah SD, lalu lanjut ke SMP terus minimali SMA atau SMK lah," kata Jokowi.

"Adik-adik disini semua mau sekolah lagi ndak, setelah pulang dari Brazil?" tanya Jokowi.

"Mau Pak," jawab anak-anak tersebut kompak.

"Awas nanti, pokoknya nanti saya cek, kalau pulang dari sana masih keliaran dijalan saya ginakan (jitak)," ucap Jokowi disertai tawa para anak tersebut.

Kepada anak-anak itu, Jokowi juga mengingatkan agar niat mereka berangkat ke Brazil jangan hanya mengincar kemenangan, namun yang terpenting adalah untuk menambah wawasan dan mengharumkan nama bangsa.

"Saya titip saja anak-anak yang ke Brasil, bukan masalah menang dan kalah, tetapi anak-anak ke sana punya wawasan di negara lain dan membawa nama Indonesia," ucap Jokowi.

Pantauan Liputan6.com, setelah mendengarkan motivasi dari Jokowi, para anak jalanan itu kemudian diajak berfoto bersama dan melakukan jamuan makan siang diruang tamu gubernur.

Selain dihadiri oleh para official tim, acara juga dihadiri oleh salah satu peserta konvensi capres Partai Demokrat Dino Patti Jalal selaku pembina tim street soccer dan artis Yuni Shara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.