Sukses

Pelatih Timnas U-23 Sudah Sreg dengan Pola Permainan Ini

Formasi 4-2-3-1 juga akan dipakainya ketika melawan Singapura malam ini.

Liputan6.com, Yogyakarta: Pelatih tim nasional  U-23 belum mau mengubah formasi andalannya pada laga kontra Singapura U-23, Rabu (2/4/2014) malam, di stadion Hougang. Alasannya, mantan pelatih Persebaya ini ingin timnas U-23 mantap dengan pola 4-2-3-1. Pola ini dinilainya sangat cocok dengan timnas U-23.

Maka itu, Aji tak mengubah pola permainan ini di tiga laga timnas U-23 sebelumnya yaitu Malaysia U-21, Persis Solo, dan Sri Lanka U-23.Menurut Aji, formasi 4-2-3-1 sesuai dengan sistem yang ia terapkan, yakni bermain cepat dinamis dan memiliki kestabilan dalam menguasai bola dari belakang ke depan.

"Menurut saya formasi 4-2-3-1 bisa menjaga keseimbangan di semua lini. Asalkan pemain bisa bermain secara dinamis, baik dalam bertahan maupun menyerang," jelas Aji.

Sejauh ini, formasi tersebut cukup efektif dimainkan oleh Fandi Eko Utomo dan kawan-kawan.  Umpan-umpan pendek ala Barcelona pun berjalan baik dengan formasi tersebut.Namun, bukan berarti mantan penggawa timnas Indonesia tersebut tidak memiliki formasi lain.

"Sebenarnya banyak alternatif yang bisa kami lakukan. Tapi untuk sementara, kami hanya ingin mematangkan formasi itu saja," ungkap Aji."Lawan Singapura, kami masih akan menggunakan formasi yang sama. Kami ingin mencoba mematangkan gaya permainan dan meraih kemenangan."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.