Sukses

Menguak Fakta Messi yang Belum Terungkap (II-Habis)

Messi ternyata mendukung Catalan memisahkan diri dari wilayah kerajaan Spanyol. Itu disampaikan "La Pulga" saat mabuk.

Liputan6.com, Barcelona: Setelah melihat tayangan video Messi menggunkan jeruk dan bola tennis, tanpa pikir panjang Barcelona langsung merekrut Messi. Bocah yang berlatih mengendalikan bola di gang-gang rumahnya kini menjadi bagian dari Akademi La Masia menginjak usia 13 tahun.

Dalam buku “Mystery of Messi” terungkap fakta, Federasi sepakbola Argentina (AFA) cemas, Messi akan dinaturalisasi Spanyol. Saat berkirim surat ke Messi, AFA sampai salah menulis nama sang pemain karena terburu-buru.

Di luar sepakbola, Messi yang jarang berbicara politik sempat terang-terangan mendukung Catalan lepas dari wilayah Kerajaan Spanyol saat mabuk. Dukungan itu diberikan Messi saat Barcelona merayakan gelar juara.

Masih dalam buku autobiografinya, mantan pelatih Barcelona, Josep Guardiola menyebut, kemampuan Messi menggiring bola sampai saat ini masih tidak tertandingi. Apa kata pelatih yang kini menukangi Bayern Munich itu tentang Messi? Ikuti fakta Messi yang belum terungkap oleh publik bagian ke 2:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

6. AFA salah menulis nama Lionel Messi menjadi Leonel Mecci

Messi yang mendapatkan dua kewarganegaraan, tampil menjanjikan dengan tim muda Barcelona. Federasi sepakbola Spanyol (REFF) sempat tertarik memanggil Messi untuk mengikuti seleksi. Menyadari hal tersebut, Federasi sepakbola Argentina langsung “mengamankannya”

Petinggi AFA melayangkan surat panggilan untuk Messi memperkuat Argentina. Karena terburu-buru Federasi salah menulis nama Lionel Messi menjadi Leonel Mecci.

Namun karier di level internasional tidak semulus seperti di Barcelona. Rekan satu tim sekaligus seniornya di Barcelona, Xavi Hernandez menyatakan, mental bertanding Messi sering terjatuh jika mengingat minimnya kontribusi untuk timnas. Messi mendapat tekanan yang sangat hebat bila gagal bersama timnas. Dia selalu dikritik karena kehebatannya di Barcelona tidak pernah muncul saat bermain di timnas.

Bahkan, dia diperlakukan sebagai “Pecho Frip”—bahasa halus yang ditujukan untuk pengecut—ketika Argentina tersingkir dari Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan, Messi menangis menjerit-jerit di ruang ganti.

3 dari 6 halaman

7.Messi selalu mendedikasikan gol untuk Nenek dan "Teman" tercinta

Tidak dapat dipungkiri, peran sang nenek berada di balik sukses besar Messi menjadi pemain bintang seperti saat ini. Sang Nenek juga yang membujuknya agar tetap berlatih di Rosario. Dia bahkan meyakinkan pelatihnya, tidak masalah bila cucunya yang berbadan kecil bisa bermain melawan orang yang lebih besar.

Gol Messi juga tidak hanya untuk sang Nenek. Messi juga mempersembahkan gol untuk seorang pasien wanita penderita Alzheimer yang meninggal saat Messi berusia 10 tahun. Sebelum meninggal, Messi dan wanita itu berdiskusi intensif. Itu sebabnya, Messi kerap mengacungkan telunjuk ke langit saat merayakan gol.

“Saya sangat merindukannya. Jujur, saya ingin melihat dia menjadi seperti saat ini. Karena alasan itu, saya juga mendedikasikan gol untuknya. Terkadang, saya suka berpikir, dia melihat saya dari manapun,” ujar Messi

Selain dari Nenek, gairah sepakbola Messi juga datang dari sang Ayah, Jorge sangat keras terhadapnya. Keinginan bermain sepakbola semakin menjadi begitu bertemu saudaranya, Rodrigo. Kedua kerabat itu bermain di pinggiran kota Barcelona.

4 dari 6 halaman

8. Messi dukung Catalan memisahkan diri dari wilayah Kerajaan Spanyol

Messi tahu tidak paham politik. Namun pada suatu malam, dalam sebuah perayaan gelar, pemain mungil itu berteriak keras melalui microphone dan mendukung Catalan memisahkan diri dari Wilayah Kerajaan Spanyol.

Dukungan tersebut keluar dari mulut Messi saat sedang mabuk sambil mengenakan syal di kepalanya.

Messi berteriak keras sambil berteriak: Visca el Barca, Visca Catalunya, dan Argentina!

5 dari 6 halaman

9. Teman terbaik Messi datang dari Brasil

Teman terbaik Messi selalu datang dari Brasil. Oleh rekan-rekannya, dia dijuluki “The Dwarf atau “La Pulga” (kutu). Mereka kerap menertawakan Messi karena memiliki telinga besar. Tapi tetap menaruh respek atas talenta sepakbola yang dimiliki Messi.

Di Barcelona, dia dekat dengan pemain satu angkatan di La Masia sejak berusia 13 tahun, terutama Cesc Fabregas. Bahkan, dia memanggil Pique “Ayah” karena telah melindunginya sejak masih kecil.

Terlepas kedekatannya dengan Pique dan Faberagas, dia nyaman memiliki teman dari Brasil. Ronaldinho dan Deco sahabat kental Messi. Dia memilih nomor punggung 30 gabungan dari nomor Ronaldinho dan Deco (10 dan 20). Messi juga akrab Thaigo Motta.

Mantan pemain Barcelona Sylvinho bercerita, Messi lebih mudah bergaul dengan orang Brasil: “Suatu hari, misalnya, dia ingin mengubah mata uang Euro ke Yen. Tapi dia tidak mengetahui caranya. Saya kemudian pergi ke resepsionis Hotel untuk meminta bantuan,” cerita Sylvinho.

Penulis buku “Mystery of Messi”, Alexandre Julliard menulis:“Di Barcelona, Dani Alves dan kiper kedua Barcelona, Jose Manuel Pinto bertahan di tim hanya karena berteman dekat dengan Messi.”

6 dari 6 halaman

10. Nama Messi tercantum dalam kamus bahasa Spanyol

Seperti kata “zlataner” (merujuk pada Zlatan Ibrahimovic) yang membuat Anda bingung. Nama Messi juga masuk dalam kamus bahasa Santillana (bahasa Spanyol). Kata sifat “Inmessionante” tercantum dalam kamus itu yang definisinya:

“Kata sifat yang mengacu cara sempurna bermain sepakbola dengan skill di atas rata-rata. Kata yang mengacu pada pesepakbola terbaik sepanjang Massa.”

Pelatih Timnas Argentina, Alejandro Sabella yang pertama kali mempopulerkan kata itu.

Mantan pelatih Barcelona, Josep Guardiola sempat berujar, kemampuan Messi menggiring bola sampai saat ini belum ada yang menandingi. Pelatih yang kini menukangi Bayern Munich itu percaya, Messi akan berjalan lebih cepat dengan bola dibanding tanpa bola.

Lalu, apa rahasia Messi bisa terampil menggocek bola? “Ketika saya masih kecil, saya bermain di gang-gang rumah. Saya menggiring bola di jalan sempit. Saya menyesuaikan kontrol bola dengan kondisi sekitar tempat saya bermain. Itu membuat saya lebih mudah saat menggiring bola."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça

    Barcelona

  • Lionel Messi adalah pemain sepak bola berbakat asal Argentina yang tergabung dalam klub Barcelona
    Lionel Messi adalah pemain sepak bola berbakat asal Argentina yang tergabung dalam klub Barcelona

    Lionel Messi

Video Terkini