Sukses

Rekor Bagus Timnas U-19 di 20 Laga Dipatahkan Oman

Evan Dimas gagal penalti. Satu-satunya gol Indonesia diciptakan Ilham Udin Armayn.

Liputan6.com, Muscat: Setelah tampil sempurna dalam rangkaian uji coba Tur Nusantara, Timnas U-19 menuai kekalahan dari tangan Oman dalam Tur Timur Tengah. Garuda Jaya takluk 1-2 dari Oman. Rekor tidak terkalahkan Timnas U-19 dalam 20 laga terakhir putus di tangan Oman.

Bertanding di Sultan Qobbas Stadium, Rabu (9/4/2014) sinyal Oman bakal menang sudah terlihat sejak menit 20 saat kapten Oman, Hasan Alsadi menjebol gawang Timnas U-19 yang dikawal Ravi Murdianto. 

Tapi pemain Timnas U-19 merespon cepat ketinggalan ini. Pemain depan Ilham Udin Armayn sukses menyamakan kedudukan di menit 26. Skor imbang 1-1 bertahan sampai turun minum.

Tampil imbang di babak pertama, pelatih Indonesia, Indra Sjafri mengganti beberapa pemain. Maldini Pali digantikan oleh Septian David. Timnas U-19 sempat memiliki peluang untuk membalikkan kedudukan saat pemain Oman handsball di kotak penalti menit 67. Sayang, kapten Evan Dimas yang ditunjuk sebagai eksekutor gagal menjalankan tugasnya. Bola tendangan Evan masih bisa diantisipasi kiper Oman.

Berusaha memimpin pertandingan, Timnas U-19 justru kebobolan melalui gol Marwan Alsadi menit 76. Skor berubah menjadi 2-1 untuk keunggulan tuan rumah.

Ini menjadi kekalahan pertama Timnas U-19 di semua pertandingan baik resmi maupun uji coba sejak dikalahkan Vietnam di ajang Piala AFF U-19 pada 14 September 2013 lalu. Setelah itu, Timnas U-19 tidak terkalahkan di Kualifikasi Piala Asia U-19 dan Tur Nusantara.

Rincian rekor tidak terkalahkan Timnas U-19 sejak dikalahkan Vietnam di Piala AFF U-19 2013:

Piala AFF U-19: 4 laga
Kualifikasi Piala Asia U-19:3 laga
Tur Nusantara: 13 laga

Susunan Pemain

Indonesia: Ravi Murdianto (GK); Putu Gede Juni Antara, Hansamu Yama Pranata, Muhammad Sahrul Kurniawan, Fatchurrahman; Muhammad Hargianto, Evan Dimas, Zulfiandi; Ilham Udin, Muchlis Hadi, Maldini Pali.

Oman: Bilal Albulushi (GK); Samir Alalawi, Yusuf Alsadi, Hasan Alsadi, Marwan Alsaibi, Rashed Almushaifri, Mazin Alsaidi, Abdullah Fawa, Abdullah Almashaiki

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.