Sukses

Colin Edwards Nyatakan Mundur dari Dunia Balap

Pembalap kebangsaan Amerika Serikat itu resmi pensiun saat MotoGP musim 2014 berakhir.

Liputan6.com, Austin: Mulai musim depan, sosok Colin Edwards tak akan lagi terlihat di arena balap MotoGP. Pembalap senior kebangsaan Amerika Serikat itu memutuskan pensiun akhir musim ini dan hal tersebut telah diungkapkannya pada konfrensi pers jelang GP Austin, Kamis (10/4/2014) waktu setempat.

Musim ini usia Edwards menginjak 40 tahun. Meski tak lagi muda, ia masih dapat bersaing di arena balap dengan mengendari motor keluaran Yamaha Forward Racing.

"Saya tak tahu bagaimana cara mengatakannya. Saya telah berlatih begitu banyak. 2014 akan menjadi tahun terakhir saya di dunia balap. Saya telah bicara dengan istri saya yang cantik dan saya sudah ada di sini sejak 1995 lalu. Saya memiliki banyak ucapan terima kasih khususnya untuk Yamaha," ucap Edwards yang dikutip dari Crash.

"Tahun ini kami telah melakukan uji coba dan saya benar-benar tidak melihat adanya perubahan gaya berkendara. Saya sudah berumur 40 tahun dan terus mencoba untuk merubah gaya tersebut. Tetapi itu tidak bekerja secara benar. Saat Anda masuk ke tahap yang lebih intens, Anda pasti akan memiliki naluri untuk kembali bersama istri dan anak-anak. Ada beberapa hal yang telah saya tinggalkan, baseball, senam, sekolah, dan saya harus lebih sering untuk pulang ke rumah," tambahnya.

Pada 1995 lalu, Edwards mengawali kariernya di dunia Superbike World Championship. Di ajang tersebut ia pernah meraih gelar juara sebanyak dua kali. Lalu pada 2003, Edwards beralih ke ajang MotoGP dan ketika itu ia dipercaya memperkuat tim Aprilia.

Kebersamaan Edwards dengan Aprilia hanya bertahan semusim. Setelah itu ia pindah ke tiga tim berbeda, yakni Gresini Honda, Yamaha dan Tech 3 Yamaha. Prestasi tertinggi yang didapatnya di ajang MotoGP adalah meraih peringkat  kelima pada musim 2009. (Van)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.