Sukses

UEFA Izinkan Courtois Tampil Melawan Chelsea

Klausul kontrak kedua kubu menyangkut status Courtois dalam pertandingan semifinal tidak berlaku.

Liputan6.com, Nyon: Konfederasi sepakbola Eropa (UEFA) mengeluarkan sikap resmi terkait status kiper Atletico Madrid, Thibaut Courtois saat melawan Chelsea di semifinal Liga Champions. UEFA memberikan Atletico lampu hijau menurunkan kiper muda itu.

Courtois merupakan kiper Chelsea yang dipinjamkan Atletico. Dalam klausul perjanjian kedua tim, kiper asal Belgia itu tidak bisa dimainkan saat Atletico menghadapi Chelsea. Dalam kausul kontrak terbaru kedua belah pihak, Chelsea meminta kompensasi sebesar 5 juta poundsterling (Rp 95 miliar) agar Atletico bisa menurunkan Courtois saat melawan The Blues di semua ajang kompetisi.

Integritas kompetisi dalam olahraga ini menjadi prinsip mendasar bagi UEFA. Liga Champions dan Komisi Disiplin UEFA memiliki ketentuan jelas, melarang setiap klub untuk mempengaruhi kekuatan klub lain di kompetisi UEFA.

"Karena itu, klub tidak boleh mengintervensi pemain membela klub lain. Ketentuan klasul kontrak antara pemain dan dua klub bersangkutan tidak berlaku di kompetisi UEFA," bunyi keterangan UEFA di situs resminya.

"Klausul apapun dalam kontrak personal antara dua klub yang berfungsi mempengaruhi pemain lawan untuk bisa bermain dibatalkan dan tidak berlaku," sambung pernyataan UEFA

UEFA meminta semua klub di bawah UEFA menegakkan regulasi. Setiap pelanggaran yang dilakukan mendapatkan sanski sesuai ketentuan Liga Champions dan Komdis UEFA. Bila Chelsea menerima uang dari Atletico, tim asuhan Jose Mouriho itu justru menerima sanksi.

Courtois dipinjamkan Chelsea ke Atletico Madrid pada 2011. Selama bermain di Atletico, Courtois menjelma menjadi tulang punggung Los Colchoneros di bawah mistar. Selama tiga musim menetap di Estadio Vicente Calderon, Courtouis telah tampil di 105 laga.

Sukses Atletico menembus Liga Champions tidak lepas dari peran kiper 21 tahun itu. Selama babak knock-out, Courtouis hanya kebobolan 4 gol.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Chelsea Football Club musti menunggu hampir 50 tahun untuk kembali merengkuh trofi Liga Primer Inggris keduanya setelah pada musim 2004-2005
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya tentang Chelsea FC yang memiliki julukan The Blues

    Chelsea

  • Atletico Madrid adalah sebuah klub asal Spanyol yang berlaga di La Liga
    Atletico Madrid adalah sebuah klub asal Spanyol yang berlaga di La Liga

    Atletico Madrid

  • Thibaut Nicolas Marc Courtois  adalah pemain sepak bola profesional Belgia yang bermain sebagai kiper di klub Chelsea.
    Thibaut Nicolas Marc Courtois adalah pemain sepak bola profesional Belgia yang bermain sebagai kiper di klub Chelsea.

    Thibaut Courtois

Video Terkini