Sukses

UPI Pertahankan Gelar Juara Putri LIMA Bulutangkis

UPI juga menjadi juara LIMA Bulutangkis di 2013.

Liputan6.com, Bandung: Tim putri Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) berhasil keluar sebagai juara pertama Liga Mahasiswa (LIMA) Badminton 2014 West Java Conference (WJC) setelah mengalahkan tim putri Universitas Ilmu Komputer (Unikom) pada laga final di Sport Hall UPI, Jalan Setiabudi Kota Bandung, Sabtu (12/4/2014).

Intan Ayuningtyas (UPI) kontra Dilisuci Desuari (Unikom) menjadi laga pembuka final di kelompok putri. Dilisuci yang berhasil merebut set awal justru balik tertekan di dua set berikutnya. Beberapa kali bola pengembalian dari Dilisuci gagal menambah poin. Sebaliknya, Intan yang mendapat dukungan dari penonton tampil lebih baik dibanding set pertama.

Usai kalah 18-21 di set pertama, Intan merebut dua set berikutnya dengan skor 22-20 dan 21-18."Di set kedua saya kurang ngotot dan beberapa kali mati di bola-bola depan net. Poin pun tertinggal terlalu jauh meski sempat menyamakan 20-20. Ini juga pertandingan saya pertama kali di nomor tunggal sejak 2008 sehingga dari fisik pun beberapa kali keteteran," ujar Dilisuci.

Pada partai kedua, Unikom menurunkan pasangan Kurnia A/Dewi M untuk menghadapi pasangan UPI, Nadya R/Nuansa Giva. Di set pertama, Nadya/Nuansa Giva mampu menang mudah dengan skor 21-11 atas Kurnia A/Dewi M.

Namun di set kedua, pasangan ganda putri terbaik tim UPI ini harus berjuang lebih ekstra mengalahkan Kurnia A/Dewi M. Nadya/Nuansa Giva harus melewati rubber set untuk memastikan kemenangannya atas Kurnia A/Dewi M dengan skor 24-22.

Pada partai ketiga yakni partai khusus LIMA Badminton, triple, menjadi partai penentu kemenangan UPI atas Unikom. 

Triple UPI, Neneng Aldila/A Sesaria/ Jein A langsung menekan triple Unikom yang diperkuat Nova, Rina dan Vicya. Triple UPI menang straight set dengan skor 21-12 dan 21-8 sekaligus memastikan kemenangan UPI atas Unikom dengan skor 3-0.

UPI pun keluar sebagai juara LIMA Badminton kategori putri untuk 2014 di West Java Conference.

"Ini sesuai target dan kita bisa menang 3-0 dengan komposisi pemain yang diubah. Mudah-mudahan untuk final tingkat nasional di Jakarta pada 29-31 Mei, kita bisa pertahankan gelar juga," tegas Manager Tim UPI, Ahmad Saepul Azhari.

Di laga sebelumnya pada perebutan tempat ketiga kelompok putra, Universitas Siliwangi (Unsil) gagal melaju ke grand final di Jakarta. Setelah unggul di dua partai awal, Unsil justru kalah di tiga partai berikutnya dan menyerah 2-3 pada tim putra STKIP Pasundan.

Dengan demikian, regional Jawa Barat akan mengirimkan UPI, Unikom, dan STKIP Pasundan di kelompok putra pada babak grand final LIMA Badminton di Jakarta. Sedangkan kelompok putri diwakili UPI, Unikom, dan Unpad.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini