Sukses

Japfa Chess Festival 2014 Akan Bertabur Bintang

"Kami tetap menggelar kategori internasional untuk menunjukkan komitmen kita untuk terus mendukung pembinaan catur di Indonesia," ujar Agus

Liputan6.com, Jakarta: Turnamen JAPFA Chess Festival 2014 kembali digelar. Tahun ini JAPFA Grandmaster Tournament akan diikuti lima pecatur putra luar negeri dan lima pecatur putra dalam negeri.

Agus Mulyono selaku manajer Public Relation PT. JAPFA Comfeed Indonesia mengatakan, ada dua kategori turnamen internasional dalam kompetisi seperti tahun lalu.

"Kami tetap menggelar kategori internasional untuk menunjukkan komitmen untuk terus mendukung pembinaan catur di Indonesia," ujar Agus dalam jumpa pers di Gedung Serba Guna, Senayan, Jakarta Selatan, Rabu (16/4/2014).

Turnamen ini rencananya akan berlangsung dengan sembilan babak setengah kompetisi yang nantinya akan melahirkan Norma GM ataupun Norma IM. Dalam ajang ini nantinya akan ada lima pecatur luar negeri terdiri dari 2 GM dan 3 IM.

Mereka adalah GM Sergey Tiviakov (Belanda, rating 2651), GM Suat Atalik (Turki 2562), IM Nguyen Huynh Minh Huy (Vietnam 2474), IM Kirill Kuderinov (Kazakhstan 2448), dan IM Rolando Nolte (Filipina 2417).

Sedangkan lima pecatur dalam negeri terdiri dari 1 GM, 4 IM, dan 1 FM. Mereka adalah GM Cerdas Barus (2392), IM Denny Juswanto (2402), IM Farid Firman Syah (2397), IM Tirta Chandra Purnama (2380), FM Muhammad Luthfi Ali (2336).

Di sisi lain, Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi PB Percasi, Kristianus Liem mengatakan, turnamen tersebut sangat penting bagi atlet pelatnas sebelum tampil di Olimpiade.

“Tahun ini kami tak ikut multievent karena di Asian Games tak ada. Kami sekarang fokus ke single event, Olimpiade. Karena itu, adanya JAPFA Chess ini sangat penting untuk meningkatkan kualitas para pecatur,” ujar Kristianus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.