Sukses

Kejurnas Speed Offroad 2014 Dimulai di Serpong

Ada empat kelas yang dipertandingkan untuk lima seri kejurnas yang disiapkan.

Liputan6.com, Jakarta: Kejurnas Speed Offroad bakal bergulir  lagi mulai 19 April mendatang. Kejurnas yang bertajuk Evalube Helios Speed Offroad 2014 ini akan digelar sebanyak lima seri.

Seri pertama akan dihelat di Sirkuit Paramount Gading Serpong Tangerang pada 19-20 April. Salah satu peserta yang pantas diperhitungkan adalah tim yang dibentuk oleh sponsor yaitu Evalube Helios Offroad Team (EHOT). Diperkuat offroader berpengalaman, tim Speed Offroad yang bermarkas di jalan Pramuka ini siap menggebrak kejurnas mulai seri pertama.

EHOT diperkuat empat pasangan offroader yaitu Ricky Bachrie dan Garindra, Aga Kartiwa dan Boyke Fadjar, Memen dan Lodi Natasya serta Dira Sulanjana dan M Taufik.

Khusus Dira Sulanjana yang juga penyelenggara dari Lightning Productions, peta persaingan diantara speed offroader tentu sudah dipahaminya. "Ya saya dan Memen sedikit banyak tahu bagaimana kekuatan lawan. Ini menjadi keuntungan tersendiri bagi kami," ujar Dira yang kembali membalap setelah sempat vakum sejak 2005.

"Ada beberapa tim yang cukup berat dan menjadi pesaing kami diantaranya tim HRVRT (Haji Rihan Variza Racing Team) yang musim lalu jadi juara grup. Lalu ada pula tim JS Sulfur dan timnya Rifat Sungkar," tambahnya.

Sedangkan memen menilai misi EHOT di kejurnas Speed Offroad musim ini adalah mengejar gelar juara tim. "Saya dan Lodi memakai mobil CJ 7 untuk bersaing di kelas G3.1. Kami lebih mengutamakan gelar tim, meskipun jika bisa mengejar gelar individu juga," tandasnya.

EHOT menyiapkan empat mobil untuk kejurnas kali ini. Mobil-mobil yang disiapkan yaitu Jeep Wrangler inline 6 (sasis panjang), Jeep CJ 7 1982, Jeep Cherokee 1995 dan Jeep Wrangler inline 4 silinder turbo.

Kejurnas kali ini akan mempertandingkan empat kelas yaitu G.1 (UTV), G.2 (4 silinder), G.3 (6 silinder) dan G.4 (free for all/non seeded). Khusus kelas FFA, panitia memutuskan untuk menghilangkan handicap waktu.

Sedangkan untuk lintasan, panitia menyiapkan dua macam lintasan yaitu yang berliku-liku (tricky) dan juga high speed. "Kami utamakan peserta bisa selesaikan 4 SS yang dipertandingkan. Maka itu, jumping-jumpingannya dibuat save,"  urai Dira.

Jadwal Kejurnas Speed Ofrroad

1. 19-20 September: Sirkuit Paramount Gading Serpong

2. 31 Mei- 1 Juni: Sirkuit Harvest City Cibubur

3. 20-21 September: Sirkuit Tembong Jaya Serang

4. (Belum ditentukan): Sirkuit Ciater Subang

5.  29-30 November: Sirkuit Paramount Gading Serpong

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.