Sukses

Everton vs MU: Dilema Bagi Setan Merah

Kemenangan atas Everton akan melapangkan jalan rival beratnya Arsenal mendapatkan tiket ke Liga Champions.

Liputan6.com, Jakarta: Manchester United akan kembali beraksi setelah tersingkir dari Liga Champions. Pada hari Minggu (20/4/2014), Red Devils bertemu Everton di Goodison Park. Laga ini akan terasa spesial bagi manajer MU David Moyes. Ini merupakan kali pertama Moyes datang ke Goodison Park sebagai lawan.

Moyes selama 11 tahun mengabdi bersama Everton. Musim panas lalu, Moyes memutuskan pindah setelah tergiur tawaran MU untuk menjadi penerus Sir Alex Ferguson. Sayangnya Moyes gagal berprestasi bersama MU.

Posisi MU di tangga klasemen Liga Premier berada dua tingkat di bawah Everton. Wayne Rooney cs kemungkinan besar tidak akan lolos ke Liga Champions musim depan. Dengan menyisakan lima laga lagi, MU tertinggal 10 poin dari Arsenal yang ada di posisi keempat.

Justru prestasi Everton musim ini jauh lebih cemerlang dibanding MU. The Toffees nangkring di urutan lima dengan cuma terpaut satu poin dari Arsenal. Everton pun punya peluang bagus untuk tampil di Liga Champions untuk pertama kali sejak tahun 2005.

MU akan menghadapi dilema untuk mengalahkan Everton. Kemenangan atas Everton akan melapangkan jalan rival beratnya Arsenal mendapatkan tiket ke Liga Champions. Dengan kenyataan pasukan Moyes hampir pasti tak lolos ke Liga Champions, fans MU tentu berharap Arsenal juga akan mengalami nasib yang sama.

Meski secara tidak langsung akan membantu Arsenal, punggawa MU Juan Manuel Mata sudah menyatakan keinginannya untuk mengalahkan Everton. Mata meminta rekan-rekannya untuk menyapu bersih lima laga tersisa karena ingin menyelesaikan musim yang buruk ini dengan catatan positif.

"Kami memiliki lima final untuk dimainkan di Liga Premier dan kami akan mencoba memenangkan semuanya untuk mendapatkan poins sebanyak mungkin," kata Mata belum lama ini melalui blog pribadinya.

Moyes nampaknya akan kembali menurunkan pemain asal Jepang Shinji Kagawa di lini tengah. Kerjasama Kagawa dengan Mata sangat memuaskan saat mencukur Newcastle United 4-0.

MU juga diuntungkan dengan kondisi fisik yang jauh lebih bugar ketimbang Everton. Mereka tidak bertanding dalam 10 hari terakhir sejak dikalahkan Bayern Muenchen di Liga Champions. Sedangkan Everton baru saja berlaga pertengahan pekan ini saat kalah di kandang sendiri dari Crystal Palace.

Di kubu Everton, kekalahan dari Palace membuat mereka tidak punya pilihan lain selain mengalahkan MU bila ingin berlaga di Liga Champions musim depan. Manajer Roberto Martinez akan berharap banyak pada Romelu Lukaku dan Ross Barkley untuk bisa menembus gawang MU yang selama 488 menit tidak kemasukkan gol di laga tandang.

Pada kesempatan terakhir menjamu MU di Goodison Park, Everton berhasil menang 1-0. Namun pencetak gol tunggal kemenangan Everton, Marouane Fellaini kini sudah pindah ke MU.

Everton cukup perkasa bila menjamu MU. Dari 83 kali pertemuan di Goodison Park, Everton menang 37 kali. Melihat kekuatan Everton saat ini, mereka nampaknya dapat mengulangi hasil di pertemuan musim lalu.

Prakiraan Susunan Pemain:

Everton: Howard; Coleman, Stones, Distin, Baines; Barry, Mirallas, Barkley, Deulofeu, McGeady; Lukaku.

MU: De Gea, Rafael, Smalling, Jones, Evra, Fellaini, Fletcher, Mata, Kagawa, Young, Hernandez.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Everton adalah klub sepak bola yang berasal dari kota Liverpool, Inggris.
    Everton adalah klub sepak bola yang berasal dari kota Liverpool, Inggris.

    Everton