Sukses

Ancelotti Ukir Rekor Manajer Tak Terkalahkan

Catatan Carlo Ancelotti menyamai prestasi Paco Bru, Molowny dan Boskov.

Liputan6.com, Madrid: Dua gol di Mestalla mengantarkan Real Madrid sebagai juara Copa del Rey. Gol yang dibuat Gareth Bale dan Angel Di Maria di partai puncak membuat rival abadinya Barcelona takluk dengan skor tipis 2-1. Satu-satunya gol Barca dibuat Marc Bartra.

Kemenangan Los Blancos di partai final, mengukuhkan Madrid sebagai tim yang tak terkalahkan di turnamen tersebut. Rekor mereka adalah delapan kemenangan dan sekali imbang.

Prestasi ini juga mencatatkan Carlo Ancelotti sebagai manajer keempat Madrid yang sukses memenangkan persaingan tanpa kehilangan satu pun pertandingan. Manajer pertama yang mencapai prestasi itu, adalah Paco Bru pada tahun 1934. Ketika itu, Madrid mengalahkan Valencia 2-1 di final.

Namun, El Real terpaksa harus menunggu selama 30-tahun lagi, sebelum meraih Copa dengan cara spektakuler lagi. Dibawah asuhan Molowny pada tahun 1974, Madrid kembali membawa tropy tersebut dengan mencatat kemenangan 4-0 atas Barcelona.

Selanjutnya, pelatih terakhir yang melakukan prestasi tersebut sebelum Ancelotti, adalah Boskov pada tahun 1980. Dia memenangkan empat pertandingan dan tiga kali imbang. Di final mereka mengalahkan Castilla 6-1.

Kini, rekor tersebut diteruskan Ancelotti. Pelatih asal Italia itu, menjadi suksesor Jose Mourinho, yang memilih kembali ke Chelsea. Sebelum menukangi Madrid, Ancelotti melatih juara Liga Prancis, PSG.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini