Sukses

Ribuan Trofi Piala Dunia Palsu Disita di Tiongkok

Petugas Bea Cukai setempat mengamankan 1.020 trofi Piala Dunia palsu di sebuah gudang. Trofi itu rencananya akan dijual di Libya.

Liputan6.com, Yiwu - Perhelatan Piala Dunia Brasil baru akan dibuka sekitar 1,5 bulan lagi. Meski demikian, sudah banyak pihak yang mencoba memanfaatkan momen empat tahunan itu untuk meraup keuntungan secara ilegal.

Seperti yang terjadi di Yiwu, Provinsi Zhejiang, Tiongkok, petugas Bea Cukai setempat mengamankan 1.020 trofi Piala Dunia palsu di sebuah gudang. Trofi itu rencananya akan dijual di Libya.

Dilansir Dailymail, ribuan trofi Piala Dunia palsu itu dibuat sedemikian mirip dengan trofi yang akan diperebutkan 32 negara di Brasil nanti. Ketinggian trofi dibuat sama, bahkan daftar nama negara pemenang Piala Dunia pun juga tercantum di dasar trofi tersebut.



Trofi Piala Dunia yang asli memiliki tinggi 36,5 centimeter dengan berat sekitar 5 kilogram. Piala yang berbentuk dua orang yang sedang memegang Bumi itu juga dilapisi emas 18 karat.



Penemuan trofi Piala Dunia palsu ini merupakan kali kedua yang terjadi di Tiongkok. Sebelumnya, polisi juga menyita 1.008 trofi di Xiamen.

Selain itu, polisi juga sudah menggagalkan pengiriman 21.648 replika kostim Timnas Brasil. Kostum yang disita itu disebut-sebut sangat mirip dengan jersey asli yang dikeluarkan Nike.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.