Sukses

Pertama Kali, 3 Tim Langganan Juara NBA Gagal ke Playoff

16 Klub sudah memastikan diri lolos ke babak Playoff. Wilayah Barat dan Timur masing-masing mengirimkan delapan klub terbaiknya.

Liputan6.com, Los Angeles - Perhelatan liga bolabasket Amerika Serikat (NBA) sudah memasuki babak Playoff. Delapan tim wilayah Barat dan delapan tim wilayah Timur sudah memastikan tiket Playoff.

Namun, dari 16 tim yang lolos, tidak terdapat tim-tim yang menjadi langganan juara NBA. Tim-tim itu adalah Los Angeles Lakers, Boston Celtics, dan New York Knicks.

Ya, ini menjadi sejarah bagi NBA. Karena untuk pertama kalinya, babak Playoff NBA tidak diikuti tiga tim langganan juara itu. Ketidakhadiran ketiga tim itu pun dapat mengurangi tekanan pada 16 tim yang akan mulai berlaga di Playoff pekan ini.

"Secara keseluruhan, musim ini adalah sangat mengecewakan bagi siapa pun," kata pelatih Lakers Mike D'Antoni.

Dari tiga tim yang gagal lolos itu, Lakers menjadi tim yang memiliki catatan terburuk. Klub kebanggaan kota Los Angeles itu hanya finis di urutan 14 wilayah Barat. Lakers hanya dapat memenangkan 27 dari 82 laga di babak reguler.

Lakers kehilangan Playoff pertama sejak 2005 dan keenam dalam sejarah tim.

Sedangkan Knicks dan Celtics masih memiliki catatan lebih baik. Knicks finis di urutan 9 wilayah Timur dengan torehan 37 kali menang dari 82 laga. Sedangkan Celtics finis di urutan 12 wilayah Timur dengan catatan 25 kali menang dari 82 laga.

Lakers sudah 16 kali menjuarai NBA. Bahkan pada saat masih dibesut pelatih legendaris Phil Jackson, Lakers meraih lima cincin juara dari 11 musim NBA.  

Sedangkan Celtics sudah menjuarai NBA sebanyak 17 kali. Masa keemasan Celtics terjadi saat klub ini dibela Bill Russel. Celtics meraih 8 kali juara secara beruntun.

Sedangkan Knicks baru dua kali meraih cincin juara NBA. Meski demikian, Knicks selalu menjadi tim yang paling disegani di wilayah Timur.


16 Klub Lolos Playoff

Sementara itu 16 klub sudah memastikan diri lolos ke babak Playoff. Wilayah Barat dan Timur masing-masing mengirimkan delapan klub terbaiknya.

Tim-tim wilayah Barat yang lolos Playoff adalah: San Antonio Spurs (juara Divisi Baratdaya), Oklahoma City Thunder (juara Divisi Baratlaut), Los Angeles Clippers (juara Divisi Pasifik), Houston Rockets, Portland Trail Blazers, Golden State Warriors, Memphis Grizzlies, dan Dallas Mavericks.

Dari delapan klub yang lolos, ada dua klub yang belum pernah merasakan juara NBA. Dua klub itu adalah Los Angeles Clippers dan Memphis Grizzlies. Sedangkan San Antonio Spurs menjadi tim yang paling sering juara NBA, yakni empat kali.

Sementara wilayah Timur diwakili oleh Indiana Pacers (juara Divisi Tengah), Miami Heat (juara Divisi Tenggara), Toronto Raptors (juara Divisi Atlantik), Chicago Bulls, Washington Wizards, Brooklyn Nets, Charlotte Bobcats, dan Atlanta Hawks.

Dari wilayah Timur, ada empat tim yang pernah meraih cincin juara NBA. Mereka adalah Miami Heat (selaku juara bertahan), Chicago Bulls, Washington Wizzards, dan Atlanta Hawks. Sedangkan Indiana Pacers, Toronto Raptors, Charlotte Bobcats, dan Brooklyn Nets belum pernah menjadi juara NBA.

Dalam babak Playoff ini, delapan klub tiap wilayah akan saling bertarung dengan sistem gugur. Tim urutan pertama tiap wilayah akan bertarung dengan tim urutan delapan wilayah tersebut.

Juara NBA akan ditentukan pada bulan Juni mendatang dengan mempertemukan juara wilayah Barat dan wilayah Timur.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini