Sukses

Riedl: Waktu Persiapan Tim untuk AFF 2014 Minim

Agenda besar di dalam negeri ikut mempengaruhi persiapan tim untuk menghadapi Piala AFF 2014.

Liputan6.com, Jakarta: Minimnya waktu persiapan Timnas Indonesia menghadapi Piala AFF 2014 diakui pelatih Timnas, Alfred Riedl cukup menyulitkan. Tapi pelatih berkebangsaan Austria itu mengaku telah memiliki pengalaman untuk mengatasi kendala tersebut.

Mantan pelatih Laos itu mengatakan, saat menukangi Skuat Garuda di Piala AFF 2010 lalu kondisinya tidak jauh berbeda. Riedl hanya memiliki waktu sedikit untuk menyiapkan materi tim.

Bahkan, saat Piala AFF 2010, badai cedera menghantui skuat timnas. Bek Ricardo Salampessy tidak bisa tampil karena cedera. Namun, itu bukan kendala. Tim Garuda mampu menembus final.

"Waktu persiapan jelas terpangkas. Normalnya liga selesai antara September sampai November. Setelah itu, hanya ada enam pekan sebelum tampil di Piala AFF 2014. Masa persiapan menjadi sangat penting. Kami akan mengupayakan hasil terbaik untuk sukses," ujar Riedl kepada wartawan.

Riedl pun tidak memungkiri, tidak memiliki banyak waktu mempersiapkan tim. Beragam agenda besar di dalam negeri ikut mempengaruhi membentuk tim. "Sekarang kami tak punya waktu banyak, ada liga yang harus dijalani dalam dua kelompok. Selain itu, ada turnamen besar Piala Dunia, ditambah pemilihan umum,"terang Riedl.

Kendati demikian, Riedl percaya materi tim yang di dalam tim saat ini tidak jauh berbeda dengan Piala AFF empat tahun silam. Dia menegaskan, pemain timnas saat ini sama kompetitifnya seperti empat tahun lalu.

"Pemain yang ada sekarang tidak jauh berbeda. Tidak banyak perbedaan. Di 2010 kami memiliki pemain berbakat dan sekarang, kami pun mempunyainya," ucap Riedl.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.