Sukses

Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia Dorong Transisi Energi Laksanakan Diskusi Publik

Dalam rangka mendorong percepatan Transisi Energi, Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI) bekerjasama dengan PT Pertamina (Persero) menyelenggarakan diskusi publik bertajuk 'Peta Jalan Energi Indonesia' pada hari ini, Rabu (21/2/2024).

Liputan6.com, Jakarta - Dalam rangka mendorong percepatan Transisi Energi, Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI) bekerjasama dengan PT Pertamina (Persero) menyelenggarakan diskusi publik bertajuk 'Peta Jalan Energi Indonesia' pada hari ini, Rabu (21/2/2024).

Ketua Panitia Wayan Ardi Adnyana menjelaskan, kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya transisi energi menuju sumber energi yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Selain itu, lanjut dia, kegiatan ini juga bertujuan untuk mendiskusikan tantangan dan peluang transisi energi, peta jalan energi terbarukan indonesia sera peran masyarakat, khususnya generasi muda Hindu, dalam mendorong perubahan menuju pola konsumsi energi yang lebih bertanggung jawab.

Ardi pun menyampaikan ungkapan terima kasih kepada pihak PT Pertamina (Persero) atas terjalinnya kerjasama dalam upaya pembangunan SDM Hindu yang sadar akan pentingnya transisi energi baru terbarukan.

"Selaku ketua panitia kegiatan diskusi publik transisi energi ini, saya mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh pihak, Khususnya pertamina yang memberikan dukungan dalam upaya pembangunan kesadaran generasi muda Hindu akan pentinya transisi energi untuk kehidupan yang berkelanjutan," ujar Ardi melalui keterangan tertulis, Rabu (21/2/2024).

Dia juga menyampaikan bahwa energi baru terbarukan adalah sumber energi yang diperoleh dari sumber-sumber alam yang dapat diperbaharui secara terus-menerus, seperti sinar matahari, angin, air, dan biomassa.

"Ini adalah alternatif yang ramah lingkungan dan berkelanjutan untuk mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil yang terbatas dan berkontribusi pada mitigasi perubahan iklim," terang Ardi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Energi Baru Terbarukan Perlu Didorong

Ardi juga menyampaikan alasan mengapa pengembangan energi baru terbarukan perlu didorong menjadi salah satu langkah yang sangat penting dalam transisi energi.

"Hal tersebut dikarenakan langkah ini lebih ramah lingkungan dan penerapannya dapat mengurangi emisi gas rumah kaca serta polusi udara, membantu memperlambat perubahan iklim dan mengurangi dampak negatifnya terhadap lingkungan," ucap dia.

"Ketersediaan yang Berkelanjutan Sumber-sumber energi terbarukan, seperti sinar matahari, angin, dan air, dapat diperbaharui secara alami dan tidak terbatas. Ini membantu mengurangi ketergantungan pada sumber daya yang terbatas seperti minyak bumi dan batu bara. Dengan pengembangan energi baru terbarukan merupakan satu langkah kongkrit dalam upaya pembangunan kehidupan yang berkelanjutan," sambung Ardi.

Ardi berharap, peran aktif generasi muda Hindu dalam mendorong pengembangan energi baru terbarukan, diharapkan menjadi inspirasi bagi seluruh masyarakat untuk bersama-sama mendukung upaya menciptakan masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan.

"Generasi muda hindu merupakan satu aset bangsa yang nantinya dimasa depan akan menjadi pelaku dari pengembangan energi baru terbarukan, KMHDI mengajak peran serta seluruh elemen generasi muda Hindu untuk turut serta terlibat dalam pengembangan energi baru terbarukan, dengan mulai bijak dalam mengkonsumsi energi yang digunakan sehari-hari," tutup Ardi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.