Sukses

Pelaku Pelempar "Pisang Rasis" Ditangkap Polisi

Pria bernama David Companyo Lleo melemparkan pisang ke arah pemain Barcelona, Dani Alves.

Liputan6.com, Barcelona: Kepolisian Spanyol berhasil mengungkap identitas dan menangkap pelaku pelempar pisang di laga Barcelona menghadapi Villarreal. Pria bernama David Companyo Lleo melemparkan pisang ke arah pemain Barcelona, Dani Alves saat hendak mengambil sepak pojok.

Tindakan rasisme David Lleo itu justru ditanggapi santai oleh Alves. Pemain asal Brasil itu justru mengambil pisang di lapangan, mengupas, lalu memakannya. Dukungan untuk Alves pun terus mengalir. Pesepakbola di dunia pun ramai-ramai makan pisang dan mengunggahnya ke media sosial masing-masing.

Dilansir dari Marca, Kepolisian langsung bergerak cepat menanggapi informasi itu. David Lleo ditangkap Selasa, (29/4/2014) pukul 19:15 waktu setempat. Selain melakukan tindakan rasisme, David Lleo melanggar Undang-Undang 501 Penal Code soal hak asasi manusia (HAM) dan kebebasan publik.

Sebelumnya, Villarreal melalu Presiden Fernando Roig menyatakan, David Lleo dihukum seumur hidup tidak boleh datang ke stadion dan mendukung Villarreal di El Madrigal. Keanggotan David Lleo tidak berlaku.

Dalam pertandingan itu, Barcelona memetik kemenangan dengan skor 3-2. "Insiden" rasis yang diterima Alves terjadi di menit 75. Alves sendiri tidak memperkarakan tindakan rasis tersebut. Mantan pemain Sevilla itu justru terkejut dengan besarnya dukungan para kolega.

"Saya tidak berpikir dampaknya setelah memakan pisang. Dunia sudah berubah dan hendaknya kita harus menyesuaikan diri. Jika bisa, saya akan mengambil foto pelaku dan menyebarkan foto ke internet agar dia jera dan malu sehingga tidak bisa datang ke stadion," beber Alves.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini