Sukses

Jelang Final Coppa Italia, Napoli dan Fiorentina Temui Paus

Paus Fransiskus berpesan agar pemain menjaga sportivitas dan berusaha menjadi olahragawan sejati.

Liputan6.com, Vatikan: Jelang bentrokan final Coppa Italia, dua tim Napoli dan Fiorentina menemui pemimpin umat tertinggi umat katolik sedunia, Paus Fransiskus di Vatikan, Kamis waktu setempat.

Paus yang terkenal gila bola itu menyampaikan pesan kepada pemain tim agar menjadi olahragawan sejati. Paus asal Argentina itu dikenal sebagai pendukung fanatik tim lokal tanah kelahirannya, San Lorenzo.

Partai pamungkas Coppa Italia akan berlangsung di Stadio Olimpico Roma, Minggu (5/4/2014) atau Senin dinihari WIB. Dalam pertemuan di Vatikan, kedua kubu memberikan cinderamata. Pelatih Napoli, Rafael Benitez memberikan bola. Sedangkan, sang Presiden, Aurelio de Laurentiis memberikan jersey bernomor punggung 1 dengan nama Fracesco. Pelatih Fiorentina, Vicenzo Montella memberikan plakat dan bendera Fiorentina.

"Sepakbola kegiatan publik. Di butuhkan tanggung jawab besar dari pemain dan pelatih untuk menjalakannya. Pemain selalu berada dalam sorotan. Mereka harus menjaga kehormatan diri," ujar Paus di hadapan seluruh pemain dan offisial Napoli dan Fiorentina.

Kunjungan ke Vatikan sebelum bermain di pertandingan penting lazim dilakukan klub Italia agar diberkati. Paus sendiri menyadari, unsur ekonomi tidak bisa dilepaskan dari sepakbola modern seperti saat ini. 

Namun, Paus bernama asli Jorge Mario Bergoglio itu meminta pada pemain agar menjaga integritas dan tidak mencederai sportivitas.

"Bila terdapat masalah ekonomi di dalamnya, ada kemungkinan hal itu bakal merusak sportivitas permainan paling populer dan kita cintai ini. Jadi, semua pemain memiliki tanggung jawab besar untuk menjaganya. Dan saya mendorong Anda untuk menjaganya," ujar Paus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini