Sukses

Indra Sjafri: Jangan Remehkan Timnas U-19

"Padahal kami sudah menjuarai Piala AFF (2013), masih saja ada yang menyepelekan," kata pelatih Timnas Indonesia U-19 Indra Sjafri.

Liputan6.com, Jakarta: Pelatih Timnas Indonesia U-19 Indra Sjafri menyayangkan masih ada suara-suara sumbang yang menyepelekan tim asuhannya. Ia mengatakan, apabila suporter memberikan dukungan penuh, maka itu dapat menjadi motivasi lebih bagi skuat Garuda Jaya.

"Saya masih mendengar suara-suara miring yang menyepelekan Timnas," kata Indra dalam keterangan pers di Jakarta, Minggu (4/5/2014). "Seharusnya kami didukung agar terus mendapatkan hasil yang positif."

"Padahal kami sudah menjuarai Piala AFF (2013), masih saja ada yang menyepelekan. Kata mereka, itu kan bermain di kandang sendiri," tambah Indra.

Usai Piala AFF, Evan Dimas dan kawan-kawan kembali menunjukkan hasil positif pada kualifikasi Piala Asia U-19, Oktober 2013 lalu. Mereka menang 3-2 atas tim kuat Korea Selatan di laga pamungkas. "Saat menang dengan Korea ada yang bilang, ah itu kan bermain saat lapangan hujan, makannya Indonesia lebih beruntung," tuturnya.

Catatan positif kembali dibuat Timnas U-19 saat menjalani tur lokal maupun internasional. Di Tur Nusantara, skuat Garuda Jaya tidak pernah mengalami kekalahan. Sementara saat Tur Timur Tengah, dari lima laga Indonesia hanya kalah sekali, yakni dari Oman.

"Anak-anak sudah berhasil bermain baik saat menghadapi lawan-lawan yang berusia lebih tua di Tur Nusantara, tapi masih saja ada yang tak yakin dengan kami. Mereka bilang, ah itu kan lawan tim lokal," ucap Indra. "Saat ini hal yang paling sulit sebenarnya adalah meyakinkan masyarakat untuk percaya pada kemampuan Timnas U-19."

Timnas U-19 memang tengah dipersiapkan untuk Piala Asia U-19 di Myanmar pada Oktober mendatang. Skuat Garuda Jaya diberi target sampai empat besar sehingga secara otomatis bisa lolos ke Piala Dunia U-20 di Selandia Baru pada 2015

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.