Sukses

Piala Menpora U-15 Bakal Diikuti 16 Tim

Jadwal pertandingan babak penyisihan untuk Grup A, C, dan D bakal digelar serentak pada 14, 16, dan 17 Mei.

Liputan6.com, Jakarta: Setelah timnas Indonesia U-19 meraih juara di Piala AFF 2013 dan lolos ke putaran final Piala Asia U-19 2014, dunia olahraga Indonesia terus bergeliat. Salah satunya adalah dengan akan diadakannya Piala Menpora U-15 pada 14 Mei - 5 Juni 2014.

Rencananya, kompetisi yang digelar oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia ini akan diikutsertakan oleh 16 tim dari 15 provinsi Indonesia. Pada babak penyisihan grup, 16 tim tersebut akan dibagi dalam empat grup.

Babak penyisihan grup bakal digelar di tiga kota, yakni Musi Banyuasin (Sumatera Selatan), Jakarta, dan Makassar. Grup A bakal menyajikan laga berkelas dari tim-tim asal Sumatera yaitu Sysa Musi Banyuasin (Sumatera Selatan), SSB Mabar Putra (Sumatera Utara), PSPS Pekanbaru U-15 (Riau), dan SSB Putra Bana (Nanggroe Aceh Darussalam). Laga Grup B akan digelar di Stadion Serasen Sekate, Musi Banyuasin, pada 19, 21, dan 22 Mei.

Sementara Grup B yang dihuni Akademi Villa 2000 (DKI Jakarta 1), SSB Saswco (Jawa Barat), Akademi Rajawali Muda (Banten), dan Akademi Duta Samarinda (Kalimantan Timur) akan dimainkan di Stadion Heri Sudrajat Mako Korp Brimob Kelapa Dua, Depok, 14, 16, dan 17 Mei.

Sedangkan untuk Grup C yang dihuni SSB Garuda FC (Lampung), SSB Gama (DI Yogyakarta), ASIOP Apacinti (DKI Jakarta 2), dan Tugu Muda (Jawa Tengah), bakal digelar di Stadion Heri Sudrajat Mako Korp Brimob Kelapa Dua, Jakarta, 21, 23, dan 24 Mei 2014.

Grup D sendiri akan digelar di Stadion Andi Mattalata, Makassar, yang akan diikuti  SSB Telkom Makassar (Sulawesi Selatan), SSB Black United (Papua), Akademi Tulehu Putra (Maluku), SSB Manado Muda (Sulawesi Utara).

Sementara itu, jadwal pertandingan babak penyisihan untuk Grup A, C, dan D bakal digelar serentak pada 14, 16, dan 17 Mei nanti. Sedangkan Grup B baru akan dihelat pada 20, 22, dan 23 Mei.

Selanjutnya, juara dan runner-up masing-masing grup akan melaju ke babak delapan besar. Untuk babak delapan besar hingga final akan digelar di Stadion Heri Sudrajat, Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, pada 2, 4, dan 5 Juni 2014.

"Event seperti ini perlu terus digalakkan. Kepada seluruh masyarakat, terutama dunia usaha jangan segan untuk membantu penyelenggaraan kegiatan seperti ini. Karena selain memberikan kontribusi positif untuk peningkatan prestasi juga sebagai media promosi yang strategis bagi dunia usaha," kata KRMT Roy Suryo Notodiprojo, Menteri Pemuda Dan Olahraga Republik Indonesia.

Roy Suryo pun mengingatkan, pada 2011 tim sepakbola U-15 Indonesia pernah menorehkan prestasi sebagai juara The Asean Schools Football Championship 2013 di Ubon – Ratachani, Thailand.

"Sehingga kami berpendapat bahwa potensi atau bakat sepakbola Indonesia tidak kalah dibandingkan dengan negara-negara Asia, bahkan dunia. Akhirnya, kami berharap dengan kegiatan ini dapat memunculkan bibit sepakbola yang andal, yang pada gilirannya dapat mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Piala Menpora U-15, Ari Karlila, berharap turnamen ini bisa terus menghasilkan bibit-bibit pesepakbola muda potensial ke depannya. 

"Kami juga sudah beraudiensi dengan PSSI. Mudah-mudahan agenda ini masuk dalam kalender PSSI sebagai salah satu wadah mencari pemain berbakat untuk timnas U-16. Nanti, rencananya akan ada tim pemandu bakat dari PSSI untuk memantau," pungkas Ari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.