Sukses

Profil Inggris: Jalan Berliku Tiga Singa ke Brasil

Inggris baru sekali juara Piala Dunia, yakni pada 1966 ketika menjadi tuan rumah.

Liputan6.com, Jakarta - Inggris menempati posisi puncak Grup H dalam kualifikasi Piala Dunia 2014 Brasil zona Eropa. Kepastian itu didapat setelah Inggris meraih kemenangan pada laga terakhir kontra Polandia.

Inggris menang 2-0 dalam laga yang berlangsung di Stadion Wembley, 16 Oktoberi 2013 lalu. Three Lions unggul satu angka dari Ukraina di klasemen akhir, yakni mengantongi 22 poin.

Kendati menjadi juara grup, perjalanan Inggris ke Brasil tidak semulus ketika lolos ke Afrika Selatan. Di bawah besutan Fabio Capello, Inggris memenangi sembilan dari sepuluh pertandingan dalam perjalanan ke putaran final Piala Dunia 2010.

Manajer Roy Hodgson memang membawa skuatnya tidak terkalahan selama babak kualifikasi. Namun empat hasil imbang, yakni dua kali kontra Ukraina, serta sekali masing-masing melawan Polandia dan Montenegro membuat fans Inggris gugup. Hingga akhirnya dua gol masing-masing dari Wayne Rooney dan Steven Gerrard di laga terakhir melawan Polandia membawa Inggris ke Brasil.

Kiprah di Piala Dunia

Inggris telah muncul di 13 edisi Piala Dunia. Di Piala Dunia 2010 Afrika Selatan, Inggris yang saat itu dimanajeri Fabio Capello nyaris tak lolos dari babak grup. Setelah ditahan Amerika Serikat serta Alzajair, Inggris harus berterima kasih kepada Jermain Defoe karena berkat gol semata wayangnya ke gawang Slovenia membawa Three Lions finis di peringkat kedua.

Namun, Inggris akhirnya harus angkat koper setelah di babak 16 besar takluk 1-4 dari Jerman. Laga ini diwarnai kontroversi tidak disahkannya gol Frank Lampard oleh wasit Jorge Larrionda dari Uruguay padahal sudah melewati garis gawang. Padahal, jika gol tersebut disahkan, Inggris dapat menyamakan skor menjadi 2-2 setelah tertinggal dua gol lebih dulu.

Inggris baru sekali juara Piala Dunia, yakni pada 1966 ketika menjadi tuan rumah. Di final, Inggris yang saat itu dilatih Alfred Ernest Ramsey menang 4-2 atas Jerman Barat.

Setelah 1966, prestasi paling bagus Inggris dalam turnamen sepakbola empat tahunan itu ketika digelar di Italia pada 1990. Sir Bobby Robson membawa Inggris lolos hingga ke semifinal sebelum disingkirkan Jerman melalui adu penalti.

Pemain bintang

Wayne Rooney telah menunjukkan dirinya sangat penting untuk skuat Timnas Inggris di bawah besutan Roy Hodgson. Penyerang Manchester United (MU) itu membawa Inggris lolos ke Piala Dunia 2014 dengan mencetak tujuh gol

Karier Rooney di Timnas Inggris sudah dimulai sejak usia 15 tahun. Bersama Timnas, Rooney telah tampil di 89 laga dengan mencetak 38 gol.

Prestasi MU yang mengecewakan di musim ini diharapkan tidak berdampak pada performa Rooney di Piala Dunia 2014 Brasil.

Pelatih

Roy Hodgson ditunjuk sebagai manajer Timnas Inggris menggantikan Fabio Capello yang mengundurkan diri pada 2012. Selama kualifikasi pra Piala Dunia 2014 Brasil, Hodgson membawa Inggris belum pernah mencicipi sekalipun kekalahan.

Inggris menang menang 6 kali dan 4 kali untuk memuncaki klasemen Grup H. Dalam 10 pertandingan tersebut, Wayne Roones dan kawan-kawan mencetak 31 gol dan kemasukan 4 gol.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.