Sukses

6 Pekerjaan Rumah Van Gaal di MU

Van Gaal akan memiliki banyak tantangan selama menukangi MU.

Liputan6.com, Manchester: Louis van Gaal resmi ditunjuk sebagai Manajer Manchester United. Van Gaal akan mengisi posisi yang ditinggalkan David Moyes.

Penunjukan Van Gaal sebagai manajer Setan Merah diumumkan pada Senin 19 Mei 2014 kemarin. Pelatih yang saat ini masih menukangi Timnas Belanda itu akan menangani Manchester United selama tiga tahun.

Banyak tugas yang diberikan kepada Van Gaal. Salah satunya adalah mengembalikan kejayaan MU sebagai tim yang disegani di Liga Premier Inggris.

Berikut pekerjaan rumah Van Gaal lainnya seperti dikutip dari Telegraph:

1. Seleksi Pemain

Pertama-tama pria asal Belanda ini harus mulai memperhatikan beberapa pemain yang sudah tidak mampu bersinar kembali bersama MU. Di barisan pertahanan, Setan Merah akan kehilangan bek seniornya, Nemanja Vidic yang akan hijrah ke Inter Milan musim 2014/2015 mendatang.

Selain itu, nama-nama seperti Rio Ferdinand dan Patrice Evra juga mulai memberi sinyal untuk meninggalkan Old Trafford musim depan. Van Gaal pun dapat memasukkan atau mengeluarkan pemain yang jarang mendapat kesempatan tampil sebagai tim utama selama ini seperti, Federico Macheda, Alex Buttner, dan Bebe.

Ada pula beberapa pemain yang dikenal memiliki kualitas namun gagal bersinar bersama David Moyes, seperti Darren Fletcher, Tom Cleverley, Nani, dan Ashley Young juga dapat menjadi opsi bagi pria asal Belanda tersebut.

2. Bursa Transfer

Van Gaal juga harus dapat menggunakan dana yang diberikan dengan bijaksana. Ia akan menerima sekitar 200 juta pounds atau setara dengan Rp 3,8 triliun.

Beberapa nama besar yang dikabarkan menjadi incaran The Red Devils seperti, Toni Kroos dan Luke Shaw dapat menjadi opsi Van Gaal pada bursa transfer mendatang.

Tentu ia tidak ingin mengulangi kegagalan transfer Setan Merah yang dilakukan David Moyes kala itu. Pria asal Skotlandia ini mengeluarkan dana hingga 27,5 juta pounds hanya untuk mendatangkan Marouane Fellaini yang gagal bersinar bersama MU.

3. Masalah Internal

Sebagai manajer, Van Gaal juga harus menyadari keberadaan dari CEO dan pemilik klub tersebut. Ia harus memastikan keputusannya dapat dipercaya oleh sang pemilik, keluarga Glazer.

Ia juga harus siap beradu pendapat dengan mantan manajer MU, Sir Alex Ferguson. Beredar kabar kedekatan Ferguson dengan  sang pemilik membuat segala keputusan klub juga dipengaruhi oleh Fergie.

4. Rooney dan Van Persie

Di barisan penyerangan, The Red Devils memiliki dua penyerang haus gol, Wayne Rooney dan Robin van Persie. Akan tetapi, sejak bekerja sama di awal musim 2012/2013 lalu, keduanya belum mampu menunjukkan permainan yang diharapkan.

Ketika Rooney bersinar, RVP harus absen akibat cedera. Begitu juga sebaliknya. Di era Moyes, Rooney bermain di tengah sedangkan posisi ujung tombak diserahkan pada penyerang asal Belanda tersebut.

Bagaimana Van Gaal menyikapi hal ini? Terlebih ia tentu lebih memiliki kedekatan dengan RVP karena telah bekerja sama di timnas Belanda ketimbang Rooney?

5. Waktu

Manchester United harus mengetahui bahwa Van Gaal saat ini adalah pelatih dari tim nasional Belanda pada ajang Piala Dunia 2014 mendatang.  Hal ini tentu akan menyita energi dan konsentrasi Van Gaal. Karena apabila Belanda berhasil mencapai babak Final pada ajang tersebut, Van Gaal akan bersama timnas Belanda hingga 13 Juli 2014 mendatang.

Sedangkan laga pra musim MU akan dimulai tanggal 16 Juli di California. Hal ini akan membuat pelatih asal Belanda itu harus memikirkan strategi dan komposisi pemain The Red Devils dengan cepat tanpa istirahat.

6. Menghadapi The Big Four dan Mengangkat Nama Besar

Di Liga Premier, MU adalah salah satu klub yang selalu menghuni papan atas klasemen Liga Inggris. Mereka selalu bersaing dengan Liverpool, Arsenal, Chelsea, bahkan rival sekota, Manchester City.

Di era kepelatihan David Moyes, MU harus terperosok hingga posisi 7 klasemen Liga Premier dan tidak dapat mengikuti kompetisi Eropa musim depan. Bahkan nama besar Stadion Old Trafford pun dapat dikatakan runtuh di musim 2013/2014.

Pasalnya MU berhasil dikalahkan dengan mudah oleh klub-klub yang belum pernah mengalahkan MU di Old Trafford selama bertahun-tahun. Salah satunya seperti Swansea City.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini