Sukses

NBL Indonesia Rilis Jadwal Babak Championship

Kecuali Grand Final, babak ini memakai sistem double elimination. Tim harus kalah dua kali sebelum tersingkir.

Liputan6.com, Surabaya: Tak terasa Speedy NBL Indonesia musim 2013/2014 akan segera memasuki babak Championship Series. Setelah menjalani 198 pertandingan di musim reguler, delapan tim akan bersaing memperebutkan gelar juara pada 6-14 Juni 2014 di GOR UNY Jogjakarta.

Menjelang pelaksanaan Championship Series, PT Deteksi Basket Lintas (DBL) Indonesia selaku pengelola liga merilis jadwal resmi. Kecuali Grand Final, babak ini memakai sistem double elimination. Tim harus kalah dua kali sebelum tersingkir.

Sistem gugur ganda (double elimination) dianggap meraih sukses besar pada tahun-tahun sebelumnya. Sistem ini menjadikan babak playoff ini penuh dengan laga-laga mendebarkan dan selalu menghadirkan kejutan.

Sesuai regulasi, delapan besar klasemen akan dibagi dalam dua pool. Satu kelompok berisikan peringkat 1, 4, 5, dan 8. Kelompok lainnya berisi peringkat 2, 3, 6, dan 7.

Pada 6 Juni, juara musim reguler, Satria Muda BritAma Jakarta, akan membuka Championship Series melawan peringkat 8, Bimasakti Nikko Steel Malang (14.00 WIB). Setelah itu, Pelita Jaya Energi Mega Persada Jakarta (peringkat 3) akan berjibaku dengan tim peringkat ke-6, Stadium Jakarta (16.00 WIB).

Berlanjut dengan game yang diprediksi superketat. Yaitu peringkat 4, CLS Knights Surabaya, melawan peringkat 5, Garuda Kukar Bandung (18.00 WIB). Hari pertama lantas diakhiri dengan duel tim peringkat 2 yang menyandang status juara bertahan, Aspac Jakarta, melawan tim peringkat 7, Hangtuah Sumsel IM (20.00 WIB).

”Musim lalu langkah kami harus terhenti di grand final. Musim ini, kami harus meraih hasil yang lebih baik lagi (juara),” tegas bintang Pelita Jaya, Ponsianus ”Komink” Nyoman Indrawan, most valuable player (MVP) musim 2013-2014.

Babak Championship Series di Jogjakarta ini juga akan menampilkan fase akhir liga perempuan, Speedy Women’s National Basketball League (WNBL) Indonesia. Empat tim teratas klasemen akhir akan beradu dalam sistem gugur tunggul. Menang lolos, kalah tersingkir.

Tomang Sakti Mighty Bees Jakarta, nomor satu klasemen, akan berebut tiket grand final dengan tim penghuni peringkat 4, Sritex Dragons Enduro Solo. Di semifinal lain, Sahabat Wisma Sehati Semarang (peringkat 2) akan bentrok lawan Surabaya Fever (peringkat 3).

Semua laga seru Championship Series ini dapat dinikmati secara secara langsung dan gratis melalui layanan live streaming. Semuanya bisa ditonton langsung melalui PC, laptop, tablet, Android, juga iPhone dan BlackBerry via livestream.nblindonesia.com dan livestream.wnblindonesia.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini