Sukses

Fakta-fakta Menarik Keberhasilan Madrid Raih La Decima

Madrid menjadi klub kedua setelah MU yang mencetak tiga gol di babak perpanjangan waktu.

Liputan6.com, Lisbon: Setelah menanti cukup lama, Real Madrid akhirnya berhasil meraih La Decima atau gelar juara Liga Champions yang kesepuluh. Los Blancos menjadi juara setelah secara dramatis mengalahkan rival sekota Atletico Madrid 4-1.

Pada laga yang digelar Minggu (25/5/2014) dinihari itu, Madrid nyaris kalah. Mereka tertinggal 0-1 sampai menit 90+3. Untungnya Sergio Ramos mampu mencetak gol guna memaksakan perpanjangan waktu.

Di babak perpanjangan waktu, Madrid yang makin percaya diri berhasil menyarangkan tiga gol gol masing-masing melalui sundulan Gareth Bale, tendangan jarak jauh Marcelo dan eksekusi penalti Cristiano Ronaldo.

Kesuksesan Iker Casillas dan kawan-kawan mengangkat trofi Liga Champions di kota Lisbon menghadirkan sejumlah catatan menarik. Berikut fakta menarik di balik keberhasilan Madrid meraih La Decima seperti dikutip dari Infostrada:

1. Dengan keberhasilan meraih La Decima, Madrid makin meninggalkan klub-klub lain sebagai tim yang paling sering juara di Piala/Liga Champions. AC Milan menjadi tim terbanyak kedua dengan koleksi tujuh gelar.

2. Pelatih Madrid Carlo Ancelotti mengikuti jejak Bob Paisley (Liverpool 1977, 1978, 1981) yang memegang rekor sebagai pelatih tersering menjuarai Piala/Liga Champions dengan tiga trofi.

3. Ancelotti menyamai  Ernst Happel (Feyenoord, HSV), Ottmar Hitzfeld (Dortmund, Bayern), Jose Mourinho (Porto, Inter) dan Jupp Heynckes (Real, Bayern)  yang mampu menjuarai Piala/Liga Champions dengan dua klub berbeda.

4. Gol Ramos pada menit 93 merupakan gol paling telat di waktu reguler final Piala/Liga Champions. Sepanjang sejarah baru tiga kali ada gol di masa injury time. Dua gol lainnya dicetak Manchester United saat mengalahkan Bayern Muenchen tahun 1999.

5. Ronaldo merupakan pemain kedua setelah Velibor Vasovic yang mencetak gol untuk dua klub berbeda di final Piala/Liga Champions.

6. Marcelo menjadi pemain Brasil keenam yang mencetak gol di final Piala/Liga Champions. Sedangkan Gareth Bale merupakan pemain Wales pertama yang cetak gol di partai puncak Piala/Liga Champions.  

7.Madrid menjadi klub kedua setelah MU yang mencetak tiga gol di babak perpanjangan waktu.

8. Iker Casillas merupakan kapten ketiga yang berhasil mengangkat trofi Piala/Liga Champions, Piala Dunia, Piala Eropa setelah Franz Beckenbauer dan Didier Deschamps.

9. Raphael Varane (21 tahun 29 hari) menjadi pemain Prancis termuda yang tampil di final Piala/Liga Champions mengalahkan rekor Nicolas Anelka (21 tahun 71 hari). Varane merupakan pemain termuda ketiga di Madrid yang tampil di final setelah Casillas (19 tahun empat hari) dan Raul Gonzalez (20 tahun 237 hari).

10. Sergio Ramos memimpin daftar pencetak gol terbanyak melalui sundulan di Liga Champions musim ini dengan total tiga kali. Ramos berbagi tempat dengan Mario Mandzukic.

11. Pada laga di Stadion Da Luz ini total wasit mengeluarkan 12 kartu kuning. Ini merupakan jumlah terbanyak sepanjang sejarah final Piala/Liga Champions.

12. Ini merupakan kali pertama Madrid memenangkan final kompetisi Eropa setelah tertinggal lebih dulu di babak pertama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini