Sukses

Zulfin Bawa Mitra Kukar ke Puncak Klasemen

Mitra Kukar menggeser posisi Persipura yang sempat beberapa lama bertengger di puncak klasemen.

Liputan6.com, Balikpapan: Zulfin Zamrun menjadi pahlawan bagi Mitra Kukar ketika menekuk tuan rumah Persiba Balikpapan 1-0 di lanjutan wilayah timur Indonesia Super League (ISL) 2014 di Stadion Persiba, Balikpapan, Rabu (28/5) petang.

Dengan hasil ini, Mitra Kukar berhasil menggeser Persipura Jayapura dari puncak klasemen wilayah timur dengan 26 poin. Sebaliknya, Persiba posisinya semakin terancam ke zona degradasi dengan menempati peringkat kesembilan. Saat ini, Persiba baru mengoleksi 13 angka dari 13 laga yang telah dijalani.

Persiba yang bertindak sebagai tuan rumah mencoba tampil menekan lebih dulu di menit-menit awal pertandingan. Namun, Mitra Kukar juga tak tinggal diam.

Mereka memberikan ancaman pertama melalui sundulan Raphael Maitimo pada menit kedelapan. Beruntung, bola hasil sundulan pemain naturalisasi itu masih bisa diantisipasi kiper Persiba, Fauzal M.

Tim Naga Mekes mencoba mengambil alih permainan di pertengahan babak pertama. Memasuki menit ke-16, tendangan bebas Zulkifli Syukur masih membentur tiang gawang tim Beruang Madu. Dua menit berselang, giliran Patrice Nzekou yang tendangan bebasnya masih melambung tipis di atas mistar gawang.

Kondisi lapangan yang licin memang cukup menyulitkan para pemain kedua tim untuk mengembangkan permainan. Hingga babak pertama usai, skor tetap 0-0.

Di babak kedua, Persiba langsung menggebrak sejak menit awal babak kedua. Tekanan dari berbagai sisi lapangan dilancarkan skuat yang dilatih Jaya Hartono itu. Tendangan Carlos Ozuna dari luar kotak penalti masih melambung di atas gawang.

Tampil menekan, Persiba justru kebobolan pada menit ke-61 lewat gol yang dilesakkan Zulvin Zamrun. Zulvin berhasil memanfaatkan bola muntah hasil sepakan Raphael Maitimo yang ditepis Fauzal. Skor 1-0.

Unggul, membuat Mitra Kukar tampil lebih tenang dan lebih bersemangat. Maitimo kembali mengancam lewat tendangannya dari luar kotak penalti. Sayang, bola masih membentur mistar gawang.

Persiba juga tak mau tinggal diam. Mereka kembali mencoba mengambil alih permainan. Serangan demi serangan kembali dilancarkan Patrice Nzekou dan kawan-kawan. Peluang pun kembali didapatkan.

Di antaranya sundulan Carlos Ozuna yang masih membentur tiang gawang, serta tendangan Nzekou dari luar kotak penalti yang masih menyamping di sisi gawang Mitra Kukar yang dikawal Dian Agus Prasetyo.

Peluang juga sempat didapatkan kembali oleh Ansu Toure pada masa injury time, tapi masih gagal berbuah gol. Hingga pertandingan usai, skor 1-0 tetap bertahan untuk kemenangan Mitra Kukar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.