Sukses

RD Tunggu Gelandang "Serba Bisa" Asal Liberia

Isaac Puppo tercatat sudah bermain di tiga klub Eropa. RD menyebut, Pupo pemain fleksibel yang bisa ditempatkan di berbagai posisi.

Liputan6.com, Surabaya: Persebaya Surabaya terus memperkuat skuat menatap putaran kedua kompetisi. Sang pelatih, Rahmad Darmawan kini masih menunggu pemain asing Isaac Pupo asal Liberia. Dia ingin melihat langsung kemampuan pemain bidikannya itu.

Menurut mantan pelatih Timnas U-23 Indonesia itu, Isaac akan tiba di Indonesia lusa."Isaac Pupo akan datang tanggal 4 Juni. Saya ingin melihatnya. Dia akan berlatih bersama kami," kata Rahmad saat dihubungi, Selasa (2/6/2014).

Mantan pelatih Timnas U-23 Indonesia itu ngotot mendatangkan gelandang 32 tahun itu. Bagi Rahmad, Puppo merupakan pemain fleksibel dan bisa ditempatkan di berbagai posisi."Dia bisa bermain di posisi gelandang dan penyerang lubang. Dia juga memiliki kekuatan tendangan dengan kaki kirinya, sangat dominan," beber pelatih berusia 47 tahun tersebut.

Sebelum mendatangkan Puppo, "Bajul Ijo" lebih dulu merekrut pemain asal Prancis, Marcus Mokake. Bahkan, Mokake telah mendapatkan kontrak dari Persebaya dan melakoni debut kontra Perseru Serui, 31 Mei 2014 lalu.

Pemain 28 tahun itu pernah merumput di Eropa bersama tim asal Azerbaijan, Qarabag FK musim 2007-08. klub asal Yunani, FC Panionios kemudian mendatangkannya pada 2010. Namun, 2011 Pupo hijrah ke klub liga Swedia, Hammarby sebelum pulang kampung halamannya untuk memperkuat LPRC Oilers dua tahun lalu.

Asisten manajer Persebaya, Amran Said Ali sempat mengatakan bila posisi Mokake belum aman di skuat bila performanya jauh dari harapan. Amran juga menyebut, tim kini tengah menyeleksi striker lokal. Spekulasi yang berkembang, penyerang Persegres Gresik United, Jacky Pasarela menjadi rekrutan baru Persebaya di putaran dua bila lolos seleksi.

Tapi sejauh ini, Amran belum bersedia berkomentar lebih jauh soal kemungkinan, Persebaya akan mengaudisi Jacky. "Ada striker lokal yang ingin mengikuti seleksi. Dia berasal dari Medan," kata Amran singkat

Kiprah Jacky di Persegres bisa dibilang tidak bersinar. Bomber yang pernah membela PSMS Medan dan PSM Makassar ini, kerap duduk di bangku cadangan. Dia hanya tampil pemain pengganti.

Jacky juga belum mampu membuat gol di Persegres selama putaran pertama ISL musim ini. Karena minim kontribusi, Laskar Joko Tingkir melepasnya di putaran kedua.

(Rejdo Prahananda)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.