Sukses

Jerman dan Belanda Menang

Jerman membuka pertandingan di tahun ini dengan kemenangan 3-1 (2-0) atas Swiss. Tapi kemenangan mesti dibayar dengan cederanya Michael Ballack. Pada pertandingan persahabatan lainnya, Belanda unggul 4-1 (0-0) atas Rusia.

Der Panzer sukses mengawali tahun ini dengan meraih kemenangan pada pertandingan persahabatan ketika berhadapan dengan Swiss, Kamis dinihari (08/02). Jerman perkasa dengan mengakhiri perlawanan tuan rumah Euro 2008 itu dengan skor 3-1 (2-0).

Pertandingan berlangsung delapan menit, Kevin Kuranyi yang tampil untuk pertama kalinya setelah dicoret dari Piala Dunia 2006, membuka keunggulan. Menyambut bola muntah, Kuranyi melepaskan tandukan ke arah bola liar yang sebelumnya ditepis oleh kiper Swiss, Diego Benaglio.

Kuranyi yang ingin mambuktikan ketajamannya bahkan nyaris menggandakan keunggulan Jerman menit ke-21. Melewati dua pemain belakang lawan, tendangan Kuranyi masih mampu diblok Benaglio. Menit ke-30 Jerman menggandakan keunggulannya. Gol dilesakkan lewat tandukan Mario Gomez memanfaatkan crossing Clement Fritz. Ini menjadi momen penting buat penyerang klub VfB Stuttgart tersebut pada pertandingan debutnya di even internasional.

Kemenangan Jerman mesti dibayar mahal. Playmaker dan kapten der Panzer, Michael Ballack terpaksa ditarik keluar satu menit sebelum babak pertama usai karena didera cedera pada pahanya. Jerman menambah keunggulan menjadi 3-0, menit ke-66, melalui tendangan bebas Torsten Frings. Swiss hanya mampu memperkecil kedudukan menjadi 3-1 lewat gol Marco Steller. Hasil pertandingan ini membuat rekor Jerman tetap bersih dari kekalahan sejak ditangani Joachim Loew selepas PD 2006.

Pada pertandingan persahabatan lainnya, Belanda menang telak 4-1 atas Rusia dengan keseluruhan gol tercipta di babak kedua. Tendangan Ryan Babel yang masuk sebagai pemain pengganti dipermulaan babak kedua, membuka kebuntuan menit ke-68 melalui tendangan keras menyusur tanah. Selang dua menit, Wesley Sneijder yang masuk bersamaan dengan Babel, menggandakan keunggulan The Oranges melalui tendangan keras ke tiang dekat.

Vladimir Bystrov sempat membuka peluang Rusia untuk menyamakan kedudukan lewat golnya menit ke-76 melalui tendangan volley setelah lini pertahanan Belanda gagal menghalau umpan silang yang mengarah ke jantung pertahanan. Namun, empat menit kemudian Belanda menggandakan kembali keunggulannya menjadi 3-1 melalui sundulan Joris Mathijsen. Satu menit sebelum pertandingan berakhir Rafael Van der Vaart melengkapi kemenangan 4-1 yang sukses mengeksekusi penalti setelah pemain Rusia yang tertangkap hand-ball.

Rumania yang menjajal skuadnya saat berhadapan Moldova meraih kemenangan 2-0 melalui gol yang keduanya tercipta di perempat terakhir pertandingan. Gol pembuka kemenangan Rumania dilesakkan oleh penyerang Rapid Bucharest, Ionut Mozilu menit ke-76. Ini merupakan gol pertamanya untuk timnas. Tiga menit sebelum bubaran, Adrian Mutu menggenapi kemenangan 2-0. Ini merupakan gol ke-22 Mutu dari 50 kali tampil.

Hasil pertandingan persahabatan lain, Kamis dinihari (08/02) WIB:
Iran 2 – 2 Belarusia
Irn: R.Khatibi (6), M.Rajabzadeh (88); Blr: V.Hleb (53 & 60)
Israel 1 – 1 Ukraina
Isr: W.Badir (39); Ukr: M.Kalinichenko (73)
Georgia 1 – 0 Turki
Geo: D.Siradze (75)
Malta 1 – 1 Austria
Mal: G.Agius (8); Aut: A.Ivanschitz (49)
Mesir 2 – 0 Swedia
Mes: A.Zaki (42), A.Fathi (88)
Kroasia 2 – 1 Norwegia
Kro: M. Petric (26), L.Modric (38); Nor: P.Moen (86)
Slovenia 1 – 0 Estonia
Slo: Lavric (pen. 34)
Maroko 1 – 1 Tunisia
Mar: M.Chamakh (29); Tun: I.Jemaa (pen. 64)
Slovakia 2 – 2 Polandia
Svk: M.Jakubko (7), M.Skrtel (45); Pol: M.Zewlakow (48), Matusak (78)
Belgia 0 – 2 Rep. Ceska
Ces: J.Koller (6), M.Kulic (75)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini